Bola Internasional

Profil Tim Piala Dunia 2018: Portugal

Minggu, 6 Mei 2018 13:26 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Profil Timnas Portugal di Piala Dunia 2018. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Profil Timnas Portugal di Piala Dunia 2018.

Pembukaan kejuaraan sepakbola termegah di dunia, Piala Dunia 2018, tinggal menghitung hari lagi. Nantinya, sebanyak 32 tim dari lima konfederasi akan saling 'baku hantam' dengan menunjukkan kualitasnya di atas lapangan.

Nantinya, laga pembuka Piala Dunia 2018 akan dilaksanakan di Luzhniki Stadium, Moskow, Rusia pada tanggal 14 Juni waktu setempat. Sebagai tuan rumah, Rusia akan bertanding terlebih dahulu dari Grup A dengan melawan wakil Asia, Arab Saudi.

Piala Dunia 2018 di Rusia ini merupakan ajang Piala Dunia yang ke-21 dalam sejarahnya. Pertama kali dimulai pada tahun 1930 di Uruguay, terdapat beberapa negara yang pernah menjuarai kejuaraan ini.

Timnas Brasil masih menjadi yang terbaik dengan meraih lima kali gelar juara Piala Dunia. Dan pada edisi Piala Dunia 2018 ini, tim berjuluk Canarinho itu diprediksi kuat oleh para pencinta sepakbola dunia untuk dapat menjadi yang terkuat di Rusia nanti.

Tak mengherankan, memang, mengingat setiap lini yang dimiliki oleh Timnas Brasil sangatlah bagus dan merupakan bintang di klubnya masing-masing. Namun bola tetaplah bundar. Tidak ada yang dapat memprediksi tim mana nantinya yang akan memenangkan gelar juara di Rusia.

Terlebih jika kita melihat lawan-lawannya nanti, seperti sang jawara bertahan Jerman yang masih menakutkan untuk siapapun yang menjadi lawannya. Atau Spanyol yang memiliki permainan khas tiki-taka yang kerap merepotkan lawannya.

Dan juga jangan pernah lupakan jawara Euro 2016, Portugal, yang disinyalir akan menggunakan para pemain mudanya untuk unjuk gigi di depan jutaan pasang mata di dunia nantinya.

© Internet
Cristiano Ronaldo dari Portugal (tengah) mengangkat trofy Juara UEFA Euro 2016 Copyright: InternetCristiano Ronaldo dari Portugal (tengah) mengangkat trofi Euro 2016.

Ya, Timnas Portugal secara mengejutkan berhasil menjuarai Euro 2016, dengan mengalahkan Timnas Prancis yang berstatus sebagai unggulan dan tuan rumah kala itu. Dengan status yang mereka sandang saat ini, membuat tim berjuluk The Selecao itu akan tampil dengan penuh percaya diri.

Sejarah Portugal di kancah Piala Dunia sendiri tidaklah terlalu bagus. Di sepanjang keikutsertaan mereka selama ini, Portugal hanya mampu meraih dua kali semifinal, dengan meraih tim terbaik ketiga di tahun 1966 dan terbaik keempat di tahun 2006.

Namun seperti yang kita lihat saat ini. Portugal telah melakukan beberapa kali perombakan pelatih dan jajaran stafnya. Mereka pun kini memiliki sang megabintang, Cristiano Ronaldo. Puncaknya adalah dengan menjuarai Euro 2016 lalu.

Sembari menghangatkan euforia jelang dibukanya Piala Dunia 2018, berikut ini INDOSPORT merangkum profil Timnas Portugal, yang diprediksi akan menjadi salah satu lawan kuat di kejuaraan ini.

2.6K