Bola Internasional

Profil Tim Piala Dunia 2018: Inggris

Selasa, 8 Mei 2018 15:04 WIB
Editor: Gerry Crisandy
© INDOSPORT
Skuat Timnas Inggris. Copyright: © INDOSPORT
Skuat Timnas Inggris.

Dalam hitungan kurang lebih dua bulan lagi, kompetisi sepakbola paling akbar di seluruh dunia akan digelar, yakni Piala Dunia 2018, yang dijadwalkan berlangsung mulai 14 Juni hingga 15 Juli 2018.

Turnamen yang merupakan edisi ke-21 ini telah menetapkan Rusia sebagai tuan rumah. Nantinya, negara yang dipimpin Vladimir Putin itu akan menjamu 31 negara dari empat benua berbeda.

Membahas Piala Dunia 2018 sendiri tidak lengkap rasanya tanpa ikut membahas profil negara-negara pesertanya, salah satunya tim besar dari Eropa, Inggris.

Ya, negara yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth itu memang rutin menjadi peserta Piala Dunia. Namun, skuat tim The Three Lions tentunya tidak pernah sama dan selalu terdapat beberapa perubahan. Meskipun begitu, setidaknya Inggris sempat merasakan bagaimana rasanya menjadi tim sepakbola terbaik di dunia.

Satu trofi Piala Dunia berhasil diraih pada tahun 1966. Kala itu The Three Lions mampu menundukkan Jerman Barat dengan skor 4-2 melalui babak extra time.

Di turnamen-turnamen Piala Dunia berikutnya, Inggris gagal mengulangi kesuksesan yang sama. 

Semifinal di Piala Dunia 1990 menjadi pencapaian tertinggi pasca 1966 dan sisanya kerap terganjal di fase perempatfinal.

Di Piala Dunia 2014 lalu, bahkan, Inggris gagal melewati fase grup. Satu grup bersama Kosta Rika, Uruguay dan Italia, Inggris hanya mengantongi satu poin dari tiga laga, membuat Rooney dkk menjadi juru kunci tabel klasemen grup D.

Di Piala Dunia 2018, Inggris kembali berada di Grup D, kali ini bersama Panama, Tunisia dan Belgia.

1.9K