Bola Internasional

Piala Dunia 2018: Suporter Rusuh, Polisi Investigasi Perayaan Kemenangan Timnas Inggris

Jumat, 6 Juli 2018 10:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Para pemain Inggris gembira menang penalti lawan Kolombia. Copyright: © Getty Images
Para pemain Inggris gembira menang penalti lawan Kolombia.

Polisi daerah Nottingham, Inggris, telah melakukan penyelidikan terkait dengan kerusuhan yang dilakukan penggemar Inggris ketika merayakan kemenangan tim di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Inggris menundukkan Kolombia melalui adu penalti dengan kemenangan 4-3 setelah sebelumnya melakoni laga imbang 1-1 di Stadion Spartak pada hari Rabu (04/07/18). Kemenangan tersebut membawa Three Lions ke babak perempatfinal dan berhadapan dengan Swedia.

Namun, kemenangan tersebut rupanya membawa dampak buruk bagi seluruh pendukung Inggris yang berada di Nottingham, dimana mereka terlalu larut dalam kegembiraan.

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris

Para penggemar di Nottinghom tumpah ruah di jalan-jalan kota dan menyanyikan lagu ‘it’s coming home’ dengan gembira, namun juga diwarnai aksi kerusuhan yang membuat beberapa kerusakan. Aksi tersebut sempat direkam oleh seorang pengemudi bus yang terjebak di sana dan membuat polisi harus menindaknya.

Menurut laporan dari Metro UK, polisi Nottinghamshire tengah menyelidiki dua orang penggemar yang larut dalam kegembiraan dan nekat melompat di atas mobil polisi dan bus. Dalam penyelidikan tersebut tengah dicari dugaan kerusakan kriminal.

“Hasil sepakbola hari Selasa (waktu setempat) sangat mengangumkan dan tidak mengherankan orang-orang Nottingham bergabung dengan negara bagian lain untuk merayakan Inggris yang lolos ke perempatfinal Piala Dunia 2018,” tutur Inspektur Polisi Kota, Anwaar Ahmed, dalam konferensi persnya.

“Sepakbola adalah salah satu alat terbesar menyatukan sebuah komunitas, tetapi sangat mengecewakan ketika mendengar orang-orang membahayakan diri mereka dengan menaiki atap bus dan berdiri di tengah lalu lintas jalan,” lanjut Ahmed.

Menurut pengemudi bus yang menjadi saksi kejadian tersebut, begitu pertandingan berakhir, semua orang keluar dari pub dan bar dan memenuhi jalan raya. Mereka memblokir jalan dan berkerumun di sekitar bus, bahkan ada yang nekat menggantung di kaca spion bus.

Setidaknya ada 1.000 penggemar yang berada di sana dan hanya segelintir petugas polisi. Namun dikarenakan terlalu banyak aksi kerusuhan, polisi belum melakukan penangkapan.

Ahmed, dalan konferensi persnya melanjutkan untuk meminta para penggemar bertindak hati-hati selama pertandingan Inggris yang berikutnya.

“Menjelang pertandingan Inggris berikutnya, saya mendesak para penggemar untuk berpikir dengan hati-hati tentang perilaku mereka selama dan sesudah pertandingan."

“Meskipun kami tidak ingin mencegah orang membahagikan dirinya sendiri, kerusakan kriminal dan perilaku anti-sosial tidak akan ditoleris dan membuat Anda ditangkap,” pungkas Ahmed.

Berikut Jadwal Lengkap Babak 8 Besar Piala Dunia 2018 Hari Ini, Jumat (06/07/18):

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA