In-depth

Efek Ronaldo, Ekspansi Suporter dari ‘Hala Madrid’ ke ‘Forza Juve’

Rabu, 11 Juli 2018 01:59 WIB
Editor: Irfan Fikri
© Istimewa
Ilustrasi Cristiano Ronaldo dengan jersey Juventus. Copyright: © Istimewa
Ilustrasi Cristiano Ronaldo dengan jersey Juventus.

Rumor tentang media-media besar luar negeri yang punya mata-mata khusus untuk memantau pergerakan bursa transfer pemain sepertinya bukan sebatas dugaan kosong.

Setidaknya hal ini kembali terbukti dari transfer Cristiano Ronaldo ke Juventus menjadi kenyataan setelah sebelumnya berita hijrahnya Ronaldo ke Juventus menjadi masif headline di banyak media-media Eropa.

Ronaldo mengiyakan bujukan Juventus yang kabarnya siap membayar Ronaldo 106 juta poundsterling atau setara dengan 2 triliun rupiah untuk kontrak 4 tahun.

Juventus kabarnya bakal menggaji Ronaldo 26 juta poundsterling per tahun atau sekitar 493 miliar rupiah. Angka ini sama saja Ronaldo mendapat gaji Rp41 miliar per bulan.

Dan jika dihitung per detik, maka Ronaldo bakal mendapat bayaran dari Juventus 0,95 poundsterling atau Rp18 ribu per detiknya.

TOP 5 NEWS INDOSPORT: PUTERA MENPORA KENA BOGEM, KETUA PSSI JADI GUBERNUR
 

 

Efek dari kedatangan Ronaldo sendiri bakal mengangkat kembali gengsi Beauty of Serie A yang sempat dominan awal tahun 90-an.

Hingga akhirnya meredup awal 2000-an seiring krisis finansial yang menjangkiti Italia ditambah lagi kasus skandal Calciopoli yang mendera Liga Italia.

Tak hanya pendukung Juventus yang senang Ronaldo datang. Seteru Juve, Internazionale Milano lewat Wakil Presidennya Javier Zanetti menganggap kedatangan Ronaldo bakal mengangkat gengsi sepak bola Italia. 

Christian Vieri, mantan penyerang Juventus dan Inter juga menyatakan bahwa mendatangkan Ronaldo ke Italia layaknya orang menang lotre.

“(Kedatangan Ronaldo) untuk sepakbola Italia, itu seperti memenangkan lotere. Serie A sudah tak dibicarakan banyak orang karena tak banyak superstar seperti masa lalu. Tapi Ronaldo akan mengubah semuanya,” tutur kata Vieri pada Bein Sports.

“Saya akan lebih termotivasi untuk menonton Serie A, setiap pekan seraya bertanya-tanya apa yang akan dilakukan Juventus serta berapa banyak gol yang dicetak Cristiano,” jelasnya lagi.

Datangnya Ronaldo menjadi sebuah keniscayaan daya tarik Serie A bakal menyedot para pencinta sepak bola generasi zaman now yang mayoritas condong ke Liga Inggris dan Spanyol.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
25%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%