Liga Spanyol

Dugaan Eks Presiden Barcelona Beli Ginjal Ilegal untuk Pemainnya Dibantah

Rabu, 18 Juli 2018 11:24 WIB
Penulis: Josephine Krisna Dewi Prawesti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Goal.com
Eric Abidal sat masih membela Barcelona Copyright: © Goal.com
Eric Abidal sat masih membela Barcelona

INDOSPORT.COM - Organisasi Transplantasi Organ Nasional Spanyol (ONT), menyatakan legalitas transplantasi liver mantan pesepakbola Barcelona, Eric Abidal.

Sebelumnya ada berita yang menyebutkan bahwa mantan Presiden Barcelona, Sandro Rosell, memperdangangkan ginjal ilegal kepada pria berusia 36 tahun itu. 

Sejak tahun 2011 Abidal telah didiagnosis menderita kanker hati, saat itu ia masih menjadi pemain Barcelona dan bahkan tetap berjuang untuk Blaugrana di final Liga Champions yang menundukkan Manchester United dengan skor 3-1. 

Kini lewat sebuah pernyataan resmi, ONT menyebutkan bahwa transplantasi Abidal adalah sah dan prosedurnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Abidal ada dalam daftar tunggu untuk menjalani transplantasi dari pendonor yang sudah meninggal, tetapi ketika penyakitnya semakin parah tim medis segera mencarikan pendonor yang masih hidup," kata salah satu perwakilan ONT yang dikutip dari ESPN

"Hubungan antara pendonor dengan Abidal sudah jelas terdokumentasi dengan baik."

Spekulasi liver ilegal itu muncul setelah polisi yang sedang menyelidiki kasus Rosell mendengar lewat panggilan telepon bahwa ada transaksi liver ilegal untuk Abidal. 

Namun hingga berita ini diturunkan dugaan liver ilegal itu tidak dapat dibuktikan. Sementara itu Sandro Rosell masih terikat kasus pencucian uang selama ia menjabat sebagai Presiden Barcelona. 

Pindah ke Juventus, Ronaldo 'Sentil' Messi