Liga Italia

Presiden Baru, AC Milan Lakukan Perubahan Besar-besaran

Selasa, 24 Juli 2018 12:04 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© AC Milan News
Paolo Scaroni, presiden baru AC Milan. Copyright: © AC Milan News
Paolo Scaroni, presiden baru AC Milan.

INDOSPORT.COMAC Milan memasuki era baru di bawah komando Elliot Management, setelah kegagalan saat masih dalam kepemilikan perusahaan investasi China. Apa rencana mereka di musim ini?

Saat investor China menggelontorkan dana habis-habisan membeli Rossoneri musim lalu, semua terhenyak. Tetapi, semua tidak berjalan sesuai rencana.

Pemilik AC Milan sebelumnya, Yonghong Li, gagal melunasi hutang kepada Elliot Management sebesar 380 juta euro atau Rp 6,4 triliun. Hingga bulan lalu, kewajiban hutang tidak terbayar dan akibatnya aset harus disita.

Di bawah Elliot Management terdapat beberapa perubahan dalam tubuh internal Milan. Pelatih Gennaro Gattuso tetap bertahan dan Li Yonhong beserta orang-orang kepercayaannya di jajaran direksi yaitu David Han Li, Lu Bo and Xu Renshuo 'ditendang' dari San Siro.

Mereka digantikan oleh Franck Tuil, Giorgio Furlani, Stefano Cocirio, Alfredo Craca, Salvatore Cerchione dan Gianluca D'Avanzo. Presiden baru Milan dijabat oleh Paolo Scaroni.

Nama presiden baru Milan ini bukan nama asing di dunia sepakbola dan bisnis. Pernah menjadi presiden klub Vicenza di pertengahan 1990an, karier pria 71 tahun ini juga sukses di sejumlah perusahaan papan atas seperti perusahaan minyak Italia, ENI dan perusahaan investasi Rothschild Investment Bank.

© INDOSPORT
AC Milan vs Fiorentina Copyright: INDOSPORTSkuat AC Milan merayakan gol ke gawang Fiorentina.

"Penunjukkan direksi baru penting untuk menempatkan klub di jalur yang sebenarnya,“ ujar Paul Singer dari Elliot Management sebagaimana dilansir Marca, Senin (23/07/18).

Di bawah kepemilikan Yonghong, Milan menyalahi aturan Fair Play dengan menghabiskan dana 207 juta euro untuk pemain baru. 

Akhirnya mereka mengajukan banding dan menang sehingga diizinkan berkompetisi di Liga Europa musim ini. Dan semua berkat suntikan dana pemilik baru asal AS tersebut sebesar 50 juta euro atau sekitar Rp 849 miliar.

Mantan pelatih Milan dan Inter Leonardo akan menjadi direktur olahraga di San Siro menggantikan Massimiliano Mirabelli. Rencana transfer musim ini? Milan berencana merekrut Gonzalo Higuain, Alvaro Morata, dan Ciro Immobile.

Apakah AC Milan dibawah pemilik baru akan berjaya seperti di era 1990an? Patut ditunggu.

Penampakan Bus Baru Timnas Indonesia

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on