Liga Indonesia

Persela Patahkan Tren Positif Persipura

Senin, 30 Juli 2018 09:43 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Lanjar Wiratri
© liga-indonesia.id
Skuat Persipura Jayapura di Liga 1 2018. Copyright: © liga-indonesia.id
Skuat Persipura Jayapura di Liga 1 2018.

INDOSPORT.COM - Persipura tersungkur di laga tandangnya di markas Persela Lamongan, Stadion Surajaya, Minggu (29/07/18) pada pekan ke-18 Liga 1. Kekalahan 3-2 di laga tersebut sekaligus mematahkan tren positif Persipura. 

Pertama, debut perdana pelatih Persipura yang harus menelan kekalahan sejak era Jafri Sastra. Pasalnya, Amilton Silva de Olivera yang sudah didatangkan manajemen Persipura sejak 6 Juli lalu, baru bisa mendampingi timnya secara langsung di bench.

Sebelumnya, pelatih tersebut hanya bisa bertugas dari balik pagar lapangan karena belum mengantongi KITAS.

Sejak ditangani Jafri Sastra, Persipura tak pernah mengalami kekalahan di laga debut pelatihnya. Di kompetisi mandiri Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 silam, Sastra menuai hasil imbang kontra Persija di laga debutnya.

Masih di kompetisi yang sama, saat tampuk kepelatihan berganti ke Angel Alfredo Vera, Persipura mengawali debut pelatih Argentina itu dengan hasil kemenangan atas Bhayangkara United.

Usai mengantarkan Persipura merebut gelar juara ISC 2016, Alfredo Vera harus meninggalkan klub dan posisinya digantikan oleh Liestiadi untuk menukangi Persipura di kompetisi resmi, Liga 1 2017.

© KabarPapua.co/Lazore
Skuat Persipura Jayapura. Copyright: KabarPapua.co/LazoreSkuat Persipura Jayapura.

Di debut pertamanya di kompetisi tersebut, mantan asisten pelatih Timnas Indonesia itu juga meraih hasil imbang kontra Gresik United di Stadion Mandala.

Liestiadi pun mengundurkan diri sebagai pelatih Persipura saat putaran pertama kompetisi Liga 1 belum selesai. Manajemen Persipura pun menunjuk Wanderley Junior untuk menukangi Boaz Solossa dan kolega hingga kompetisi berakhir.

Lagi-lagi, pelatih baru Persipura itu menjalani debutnya dengan manis, usai Persipura menang telak atas Mitra Kukar dengan skor 6-0.

Sebelum kompetisi Liga 1 musim ini digulirkan, Persipura kembali menunjuk arsitek baru untuk menggantikan posisi Wanderley Junior. Pelatih asal Inggris, Peter James Butler, juga berhasil meraih hasil positif di debut perdananya dengan mengantarkan timnya menang atas Persela Lamongan.

Tidak hanya mematahkan tren positif Persipura bersama debut pelatihnya, kemenangan Persela atas Persipura ini juga mematahkan tren positif Persipura dalam tujuh pertemuan terakhir kedua tim.

Sejak 2013 silam, Persela tak pernah sekalipun meraih kemenangan, bahkan meraih hasil imbang, baik di laga kandang maupun tandang.