Liga Indonesia

Hal Ini Buat Persija 'Memberikan' Rp1,5 Miliar ke Arema FC

Selasa, 7 Agustus 2018 16:08 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Rohit Chand berlaku sportif usai melanggar Ridwan Tawainela. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Rohit Chand berlaku sportif usai melanggar Ridwan Tawainela.

INDOSPORT.COM - Hasil imbang 1-1 kontra klub sepak bola sarat sejarah asal Indonesia, Persija Jakarta, memang merugikan Arema FC dari segi prestasi tim.

Namun di sisi lain, Arema mencatat rekor penonton tertinggi di kasta teratas Liga Indonesia, Gojek Liga 1 musim ini, sekaligus pendapatan yang menambah pundi-pundi finansial tim.

Pihak Panitia Pelaksana (Panpel) pertandingan Arema FC pun menyambut antusias terhadap pemasukan besar dari kontribusi Aremania pada Minggu, 5 Agustus lalu.

Persija Jakarta secara tak langsung berkontribusi akan hal itu, mengingat persahabatan kedua tim yang terjalin erat dan membuat antusias masyarakat Malang untuk menyaksikan pertandingan 'persahabatan' tersebut.

Pada laga di pekan ke-19 Liga 1 itu, jumlah kehadiran penonton tercatat 44.912 pasang mata, alias memenuhi sampai 99 persen dari total 45 ribu tiket yang dilepas ke publik.

"Kami perkirakan pendapatan klub berada di kisaran Rp 1,5 Miliar dari perhitungan bersih nanti. Tentu setelah dipotong pajak (hiburan) sebesar 5 persen dan biaya operasional tim yang mencapai Rp 250 juta," kata Ketua Panpel, Abdul Haris.

Kisaran angka itu memang tidak keliru, dan relevan dengan perhitungan INDOSPORT. Dari 44.912 tiket yang terjual, dikalikan Rp40 ribu yang menjadi harga tiket termurah pada laga itu, sehingga menyentuh angka hingga Rp 1,796 miliar.

110