Bola Internasional

Timnas Main Lagi di Hari Kemerdekaan, Mungkinkah 17-8-45 Kembali Terulang?

Jumat, 17 Agustus 2018 09:35 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Ekspresi suporter Indonesia kala mendukung Timnas U-23 melawan Palestina. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Ekspresi suporter Indonesia kala mendukung Timnas U-23 melawan Palestina.

INDOSPORT.COM - Satu tahun lalu, tepatnya pada 17 Agustus 2017, di ajang Sea Games 2017 yang berlangsung di Malaysia, ada hal yang sangat unik dan menjadi cerita tersendiri bagi dunia sepak bola Indonesia yang sebelumnya tak pernah ada.

Tentu masih segar dalam ingatan kita, saat itu Timnas Indonesia U-22 memberikan kado yang spesial bagi seluruh masyarakat Tanah Air tepat di hari kemerdekaan Indonesia yang ke-72.

Indonesia berhasil meraih kemenangan dengan sangat meyakinkan dan telak, yakni 3-0 atas Filipina di pertandingan kedua grup B Sea Games 2017.

Tak hanya soal kemenangan di hari yang istimewa, catatan mengenai gol-gol yang dilesakkan oleh Indonesia U-22 pun membuatnya lebih istimewa.

Saat Indonesia sedang unggul 1-0 jelang babak pertama berakhir, gelandang Garuda Muda bernomor punggung 8 kala itu, Hargianto sukses mencetak gol kedua bagi Indonesia di menit ke-45.

Enggan menyerah, di babak kedua selanjutnya giliran pemain lincah, Saddil Ramdani selaku pemilik nomor punggung 17 di Indonesia U-22 kala itu, mencetak gol tambahan sekaligus menutup kemenangan Indonesia menjadi 3-0.

Tak pelak, dalam gol-gol tersebut ada makna terselubung yakni 17 (nomor punggung Saddil), 8 (nomor punggung Hargianto), serta 45 (menit Hargianto cetak gol), sehingga dalam papan skor tercatat angka 17-8-45, dimana itu bertepatan dengan tanggal kemerdekaan Indonesia.

© Dokumentasi PSSI
Penggawa Timnas Indonesia dengan khidmat menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum kick off. Copyright: Dokumentasi PSSIPenggawa Timnas Indonesia U-22 di Sea Games 2017, dengan khidmat menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum kick-off.

Kini, setahun kemudian Timnas U-23 yang masih dipimpin oleh Luis Milla, kembali melakoni pertandingan tepat di hari proklamasi kemerdekaan negara kita.

Sebagai informasi, Indonesia akan menghadapi Laos, sesama tim dari Asia Tenggara, di pertandingan lanjutan grup A Asian Games 2018, Jumat (17/08/18) pukul 19.00 WIB.

Dengan lawan yang sama-sama berasal dari Asia Tenggara serta komposisi tim yang tidak begitu banyak mengalami perubahan.

Terlebih, nama Hargianto dan Saddil Ramdani masih berada di skuat Indonesia saat ini dan nomor punggung mereka tetap sama seperti tahun lalu, 8 dan 17.

© Labbola
Susunan Pemain Timnas U-23 VS Palestina Copyright: LabbolaSusunan Pemain Timnas U-23 VS Palestina, dengan Hargianto dan Saddil Ramdani masih mengenakan nomor yang sama.

Oleh karena itu, tentu ada satu pertanyaan dalam benak kita, mungkinkah Timnas Indonesia U-23 bisa kembali mengulang cerita yang langka dan spesial seperti tahun lalu?

Jika saja kembali berhasil mengulang kisah manis itu, tentu akan terasa lebih istimewa dan menggembirakan karena malam nanti Indonesia U-23 yang berstatus selaku tuan rumah akan bermain dihadapan pendukung Indonesia.

Penulis: Dimas Ramadhan

Dirgahayu Republik Indonesia!

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas U-23 Lainnya Hanya di INDOSPORT