Liga Indonesia

3 Pemain Asing Liga 1 2018 yang Berpotensi Dinaturalisasi

Selasa, 21 Agustus 2018 18:49 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Isman Fadil
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Ilustrasi Marc Klok berseragam Tim Nasional Indonesia. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Ilustrasi Marc Klok berseragam Tim Nasional Indonesia.

INDOSPORT.com – Liga 1 2018 dihuni oleh sejumlah pemain asing yang telah lama bermain di kompetisi Liga Indonesia. Di antara mereka, ada yang berpotensi untuk dinaturalisasi.

Menurut UU Nomor 12 Tahun 2006, naturalisasi dapat terjadi apabila warga negara asing telah tinggal di Indonesia setidaknya selama 5 tahun secara berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut.

Syarat itu bisa menjadi patokan sederhana untuk melakukan proses naturalisasi pemain asing di kompetisi Liga 1. Pemain yang dinaturalisasi tentu saja tidak sekadar pernah lama bermain di Indonesia, tetapi juga memiliki kemampuan di atas rata-rata pemain lokal.

Naturalisasi terkadang dilakukan atas keinginan pribadi pemain asing karena menikah dengan istri asal Indonesia. Namun demikian, ada pula yang ingin menjadi warga negara Indonesia untuk mengurangi persaingan dengan pemain asing baru di tengah usia sang pemain yang mulai menua.

Dalam ajang Asian Games 2018 cabang olahraga (cabor) sepak bola, pemain naturalisasi berhasil menunjukkan kualitasnya dengan berkontribusi dalam setiap kemenangan Timnas Indonesia U-23.

Sebagai contoh, Alberto ‘Beto’ Goncalves dan Stefano Lilipaly yang menjadi duet mematikan bagi Indonesia dan membawa ketajaman di lini depan yang selama ini dianggap tumpul.

Berikut INDOSPORT merangkum 3 pemain asing Liga 1 2018 yang berpotensi dinaturalisasi.

IDS Emoticon Suka
Suka
29%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
29%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
43%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%