Bola Internasional

Eks Madrid Nilai La Liga Tetap Berjaya Meski Kehilangan Ronaldo

Rabu, 5 September 2018 20:23 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Bagas Rahadian/INDOSPORT
Steve McManaman (Tengah)  bersama perwakilan La Liga Rodrigo Gallego Abad (kiri) dan Ivan Codina (kanan) menghadiri konferenai pers di Hotel Gran Melia Jakarta,  Rabu (05/09/18). Copyright: © Bagas Rahadian/INDOSPORT
Steve McManaman (Tengah) bersama perwakilan La Liga Rodrigo Gallego Abad (kiri) dan Ivan Codina (kanan) menghadiri konferenai pers di Hotel Gran Melia Jakarta, Rabu (05/09/18).

INDOSPORT.COM - Bintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo, kini sudah tidak lagi berkarier di Liga Spanyol. Namun hal tersebut dinilai tidak berpengaruh sama sekali terhadap reputasi dan pamor La Liga Spanyol

Hal itu disampaikan oleh mantan gelandang tengah Real Madrid, Steve McManaman, pada jumpa pers kick off La Liga 2018/2019 di hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta Pusat, Rabu (05/09/18). 

McManaman menilai bahwa Liga Spnyol (La Liga) tidak akan menjadi 'loyo' lantaran sejumlah mega bintang seperti Cristiano Ronaldo dan Neymar telah hijrah ke liga lain. 

Mantan pemain Inggris itu berpendapat, sepeninggalnya dua pemain besar seperti Neymar, yang pindah ke klub Liga Prancis Paris Saint German (PSG) tahun lalu dan Cristiano Ronaldo yang musim ini hijrah ke klub Liga Italia Juventus. Hal tersebut diyakini tidak akan membuat performa La Liga menurun.

Ia justru melihat nama La Liga lebih besar dibanding kedua pemain yang disebut-sebut sebagai daya tarik di Liga Spanyol.

"Terus terang saya pikir hal itu tidak berpengaruh terhadap (reputasi) La Liga. Ronaldo sebelumnya bermain di Inggris, dan sebelumnya lagi ia bermain di Portugal, begitupun dengan Neymar. Dan faktanya memang para pemain tersebut sudah beberapa kali berpindah-pindah, jadi saya pikir tidak ada pengaruh apapun terhadap La Liga," ujar McManaman.

"Liga ini sendiri jauh lebih besar daripada dua pemain tersebut. Menurut saya, klub-klub hebat seperti Real Madrid dan Barcelona tidak akan pernah kehilangan statusnya sebagai klub terbaik di dunia. Mereka pun masih menyimpan nama-nama besar seperti Vidal dan Zidane," tambahnya.

"Jadi, dengan kepergian Ronaldo dan Neymar bukan berarti itu akan melemahkan liga ini," tutup McManaman.

Steve McManaman, yang juga berstatus sebagai Duta La Liga, berkunjung ke Jakarta dalam rangka mengkampanyekan tema baru yang diusung La Liga pada musim ini.

Selain itu, eks pemain Liverpool itu juga mengadakan coaching clinic bagi EDF La Liga Academy Jakarta. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Spanyol dan Lainnya Hanya di INDOSPORT

Penulis: Bagas Rahadian.