Liga Indonesia

Akademi PSM Makassar Tembus Semifinal Piala Menpora U-16

Kamis, 6 September 2018 02:21 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Rafif Rahedian
© Media PSM Makassar
Skuat Akademi PSM Makassar U-16 yang berlaga di Piala Menpora 2018. Copyright: © Media PSM Makassar
Skuat Akademi PSM Makassar U-16 yang berlaga di Piala Menpora 2018.

INDOSPORT.COM - Perjuangan Akademi PSM Makassar untuk lolos ke semifinal Piala Menpora U-16 2018 terbilang tidak mudah. Dua laga harus mereka lakoni di Lapangan Makorem, Rabu (05/09/18).

Di babak delapan besar sore tadi, Akademi PSM harus melalui adu penalti melawan Putra Tangsel (Banten). Dalam waktu normal, kedua tim bermain imbang 1-1. Beruntung, Akademi PSM memastikan tiket semifinal setelah menang 5-4 lewat adu penalti.

Sebelumnya, Akademi PSM secara meyakinkan menang 3-1 melawan SMAN 1 Seyegan (Yogyakarta) di babak 16 besar. Ricky, Edgar dan Fadel menjadi aktor kemenangan Akademi PSM lewat sederet golnya.

Dalam laga semifinal, Akademi PSM akan menantang Akademi Persebaya (Jawa Timur). Tim muda Bajul Ijo itu melaju ke semifinal setelah mengandaskan perlawanan wakil Sulawesi lainnya, yakni PS Bank Sulselbar U-16.

Akademi PSM Makassar sendiri tergabung dalam Grup A pada turnamen Piala Menpora U-16 di Bali, 3-6 September 2018. Ramang muda bersaing dengan 34 tim dari seluruh Indonesia.

Pada fase grup, Ramang Muda tergabung dalam grup yang sama dengan tim tuan rumah, Putra Tresna. Sedangkan tiga tim lain yang menjadi kompetitor Ramang Muda adalah Binjai United (Sumatera Utara), Persihasel (Maluku Utara) dan Sylva Kalteng (Kalimantan Tengah).

Soal lawan di semifinal nanti, menurut pelatih PSM U-16, Irfan Rahman sudah pasti tangguh. Akademi Persebaya punya materi pemain yang merata. Untuk itu, fokus timnya saat ini untuk menghadapi lawan selanjutnya.

"Lupakan hasil pertandingan hari ini. Pertandingan selanjutnya pasti lebih berat. Anak-anak harus fokus," tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Klub PSM, Andi Widya Syadzwina tak ketinggalan mengapresiasi perjuangan Akademi PSM. Menurut Wina, sapaan akrabnya, Piala Menpora U-16 2018 pasti memberi pengalaman untuk skuat Akademi PSM.

"Sejak awal memang tidak ada target apa-apa. Jadi, tiket semifinal ini sungguh luar biasa. Bagi Akademi PSM, Piala Menpora U-16 tidak soal mengejar juara. Yang penting adalah menambah jam terbang pemain muda," pungkas Wina.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

128