Bola Internasional

Jadi Kapten Brasil, Neymar Diyakini Bisa Lebih Dewasa

Senin, 10 September 2018 15:52 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Neymar saat membela Timnas Brasil. Copyright: © INDOSPORT
Neymar saat membela Timnas Brasil.

INDOSPORT.com – Bintang Paris Saint-Germain, Neymar, diyakini akan memiliki banyak ruang untuk lebih berkembang setelah dipercayai menjadi kapten Timnas Brasil, menurut eks pemain Arsenal, Gilberto Silva.

Pada penampilannya di Rusia, di mana Selecao tersingkir di perempatfinal, Neymar kerap dikritik masih kekakanak-kanakan lantaran terlalu mendramatisir pelanggaran dan melakukan diving lelucon.

Tetapi kali ini Neymar membalas kritikan tersebut dengan membuat debut sebagai kapten cukup mengesankan. Ia mencetak gol pada kemenangan 2-0 Brasil atas Amerika Serikat di pertandingan persahabatan pada Sabtu (08/09/18).

Perubahan Neymar itu sangat diyakini oleh mantan gelandang dan kapten Brasil, Gilberto Silva berkat posisi barunya, yang membuat pemain berusia 26 tahun itu lebih bertanggung jawab.

“Saya yakin mereka (pemain Brasil) ingin lebih melindungi Neymar karena kritik yang dia terima selama di Piala Dunia,” kata Silva dilansir Sports keeda.

“Dan juga untuk mengingatkan bahwa dia memiliki tanggung jawab yang lebih besar terhadap tim, atas apa yang dia wakili di dunia sepak bola,” lanjut mantan pemain Arsenal tersebut.

Neymar ditunjuk sebagai kapten permanen Brasil, menyusul keputusan Tite untuk membatalkan perubahan skuat setelah Piala Dunia di Rusia.

Keputusan tersebut jelas menimbulkan kontroversi diantara para penggemar Brasil. Namun Silva meyakini bahwa posisi tersebut akan membuat Neymar lebih dewasa secara pribadi dan memiliki banyak hal yang dilakukan untuk berkembang.

“Kapten baginya adalah memahami tanggung jawab sebagai hal yang positif, sebagai pertumbuhan pribadi,” lanjutnya.

“Sangat penting untuk menjaga fokusnya dan menyingkirkan kritik. Dia memiliki banyak hal yang harus dilakukan untuk berkembang.”

Setelah kemenangan akhir pekan tersebut, Neymar masih akan memimpin Brasil melawan Salvador pada hari Rabu (12/09/18).

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Perkembangan Sepak Bola Internasional Hanya di INDOSPORT.