In-depth

Ketika Manchester United Menjadi 'Kutukan' bagi Pesepak Bola Brasil

Minggu, 16 September 2018 09:16 WIB
Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Ilustrasi pemain Brasil gagal di Man United. Copyright: © INDOSPORT
Ilustrasi pemain Brasil gagal di Man United.

INDOSPORT.COM - Bagi sebagian pesepak bola, bermain untuk klub sebesar Manchester United menjadi impian yang harus dicapai. Dengan bermain untuk Manchester United, seorang pesepak bola bisa dikatakan telah berada di puncak.

Manchester United merupakan salah satu klub tersukses di Inggris. Tim yang bermarkas di Old  Trafford ini telah memenangkan banyak trofi sepanjang sejarah sepak bola negeri Ratu Elizabeth, dengan rekor  20 gelar Liga Inggris, 12 Piala FA, lima Piala Liga dan rekor 21  FA Community Shield.

Klub berjuluk Setan Merah ini juga tercatat telah memenangkan beberapa piala level  internasional, seperti tiga piala Liga Champions, satu Piala Winner, satu Liga Europa, satu Piala Super Eropa, satu Piala Interkontinental, dan satu Piala Dunia Antarklub.

Sederet nama besar dan legenda sepak bola terhebat sepanjang masa pun lahir dan besar bersama Manchester United. Sebut saja Sir Bobby Charlton, George Best, Eric Cantona, Cristiano Ronaldo dan sederet nama besar lainnya. Mereka semua pernah mengenakan seragam merah dengan logo Setan Merah di dada.

Namun di balik sejarah yang terekam nama-nama besar pemain yang pernah ikut membelanya, Manchester United sangat tidak 'bersahabat' dengan pemain-pemain dari Brasil.

Kejadian nahas ini pernah terjadi pada Jose Kleberson Pereira. Kleberson diboyong Manchester United setelah pelatihnya kala itu, Sir Alex Ferguson, kepincut dengan peforma pemain yang berposisi sebagai gelandang ini di Piala Dunia 2002. 

Kala itu, pelatih Timnas Brasil, Luiz Felipe Scolari, menganggap Kleberson sebagai salah satu pemain penting skuat Selecao saat menjuarai Piala Dunia 2002 bersama Ronaldinho, Ronaldo, dan Rivaldo.

© setanmerah.net
Kleberson (kiri) tampil di final Piala Dunia 2002 saat menghadapi Jerman. Copyright: setanmerah.netKleberson (kiri) tampil di final Piala Dunia 2002 saat menghadapi Jerman.

Upaya Manchester United untuk mendatangkan Kleberson berjalan tak mudah, setelah mereka harus menghadapi persaingan yang melibatkan Barcelona, Newcastle United, Leeds United, dan Celtic.

Kleberson pun resmi diboyong Manchester United setahun usai Piala Dunia 2002 atau tepatnya pada tahun 2003 bersamaan dengan perekrutan Cristiano Ronaldo. Namun sayang, kehebatan Kleberson menguap di Inggris. Lambat beradaptasi dengan skema main Manchester United dan cedera menjadi salah satu penyebab Kleberson gagal bersinar. 

Catatan dari Soccerway menyebutkan, pria yang kini telah memasuki usia 39 tahun hanya tampil sebanyak 20 pertandingan di Liga Inggris dengan membuat dua gol selama kurun waktu 2 tahun (2003 sampai 2005). Kleberson pun dilepas Manchester United ke klub Turki, Besiktas dan beberapa klub medioker seperti Bahia dan Philadelphia Union. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
73%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
7%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
7%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
7%
IDS Emoticon Marah
Marah
7%