Liga Spanyol

Lionel Messi Akui Masih Lemah Eksekusi Penalti

Minggu, 16 September 2018 09:48 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Lionel Messi. Copyright: © Getty Images
Lionel Messi.

INDOSPORT.COM - Lionel Messi mengakui bahwa ia memiliki catatan buruk dalam eksekusi penalti. Baginya, ia kerap mengecewakan tim dan para penggemar lantaran belum bisa memberikan yang terbaik saat menghadapi tendangan penalti.

Selama kariernya Messi telah melakukan 103 tendangan penalti bersama Barcelona dan tim nasional Argentina. Ia hanya berhasil mencetak 79 dari eksekusi itu serta sisanya gagal. 

Pemain 31 tahun ini mengatakan ada banyak faktor non-teknis yang mempengaruhi dirinya di lapangan. Messi juga menjelaskan kemampuan kiper yang semakin meningkat membuatnya sulit mencetak gol dari titik putih.

"Saya ingin lebih efektif berada di titik penalti. Tetapi sulit bagi saya untuk bekerja maksimal saat adu penalti terjadi. Kita bisa memiliki taktik di dalam kepala, tapi kenyataannya sulit untuk diterapkan," kata Messi kepada Radio Catalunya

"Keberadaan kiper juga sangat berpengaruh dalam adu penalti. Jika mereka berhasil mengamati dan menebak dengan benar, tentu tidak akan terjadi gol. Untuk itu, saya hanya ingin berjuang agar lebih baik dalam melakukan eksekusi penalti," imbuh Messi.

Meski belum menunjukkan performa maksimal saat menghadapi penalti, Messi tetap memiliki peranan penting bagi Barcelona. Ia tercatat menyumbang 12 gol di La Liga musim lalu dan mencetak 7 gol melalui tendangan bebas sepanjang tahun 2018.

"Saya bersyukur karena saya dapat menunjukkan hasil akhir yang mengagumkan. Hal ini berarti saya telah tumbuh dan berkembang."

"Saya juga telah meningkatkan banyak tendangan bebas, bahkan dengan kaki kanan saya. Selama ini, saya selalu berusaha belajar dan berkembang," kata kapten Timnas Argentina tersebut.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Tim Sepak Bola Barcelona Hanya di INDOSPORT.com.