Liga Spanyol

Tanpa Ronaldo, Real Madrid Lebih Liar dan Berbahaya

Selasa, 18 September 2018 21:11 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Cristiano Ronaldo pemain terakhir yang memakai nomor punggung 7 di Real Madrid sebelum Mariano Diaz. Copyright: © Getty Images
Cristiano Ronaldo pemain terakhir yang memakai nomor punggung 7 di Real Madrid sebelum Mariano Diaz.

INDOSPORT.COM - Musim 2018/2019 dibuka dengan awan mendung yang menyelimuti Santiago Bernabeu di Madrid. Penyebabnya adalah kepindahan Cristiano Ronaldo ke Juventus dengan mahar 105 juta Euro.

Memperkuat El Real sejak 2009 dengan catatan 450 gol dan 119 assist adalah bukti betapa besarnya kontribusi Ronaldo. 4 trofi Liga Champions juga seakan melengkapi jasa besarnya di Los Galacticos.

Kehilangan bintang tentu akan mengurangi kekuatan suatu tim. Namun, bagi bek Paris Saint-Germain, Dani Alves yang menilai kepergian CR7 justru membuat tim jadi lebih kompak dan tidak mengandalkan hanya 1 orang saja.

“Saya pikir itu bertentangan dengan apa yang semua orang pikirkan, Madrid dapat bermain lebih secara tim tanpa Cristiano,” kata Alves seperti dilansir dari Football Espana

“Sekarang ini sedikit lebih sulit daripada sebelumnya. Sebelum itu rumit menghadapi Real Madrid, tapi kita dapat fokus menjaga Cristiano saja. Sekarang tanpanya, Real akan sedikit lebih berbahaya,” tambah mantan bek Barcelona itu.

Tanpa megabintang asal Portugal, Real Madrid akan bermain lebih cair tanpa ada satu keharusan siapa yang harus mencetak gol. Itu terbukti dari catatan 11 gol dari 4 pertandingan awal La Liga Spanyol yang membuat skuat asuhan Julien Lopetegui nyaman di posisi ke-2 dengan 10 poin.

Setidaknya sudah ada 5 pemain yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Mulai dari Benzema, Gareth Bale, hingga bek kanan Dani Carvajal.

Yang menarik, ketiadaan Ronaldo membuat Karim Benzema terlahir kembali dengan 4 golnya yang menjadikannya sebagai top skor tim. Tak hanya Benzema, pemain yang sempat dicadangkan di final Liga Champions, Gareth Bale juga kembali ke tim utama dengan raihan 3 gol dan 2 assists.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Spanyol Lainnya Hanya di INDOSPORT

840