Liga Indonesia

Kembali Bergulir, Ini Regulasi Baru Liga 1 U-19 2018

Kamis, 20 September 2018 19:58 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Petrus Manus Da
Tigorshalom Boboy, COO PT LIB. Copyright: © Petrus Manus Da
Tigorshalom Boboy, COO PT LIB.

INDOSPORT.COM - Ada sejumlah aturan yang berlaku dalam kompetisi Liga 1 U-19 2018.

Liga 1 U-19 dijadwalkan mulai berlangsung pada 29 September 2018 mendatang dan kick off secara serentak di tiga kota sesuai dengan pembagian grup yang telah dilakukan. Untuk itu, operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) lantas mengeluarkan sejumlah peraturan atau regulasi baru.

COO PT LIB, Tigorshalom Boboy mengatakan musim ini setiap tim peserta bisa memakai lima pemain yang berusia 20 tahun. Namun, syaratnya pemain tersebut harus telah terdaftar atau ikut kompetisi pada Liga 1 U-19 tahun lalu.

"Penggunaan pemain dari kuota itu bisa 30 dan setiap klub bisa pakai atau registrasi pemain dengan usia 20 tahun, namun pemain itu harus pernah  didaftarkan di Liga U-19 tahun lalu," ucapnya.

Tak hanya itu, setiap klub juga diperbolehkan menggunakan jasa pemain berusia 19 tahun yang sudah menembus skuat senior. Pemain tersebut juga bisa bermain untuk tim muda maupun senior tergantung kebijakan serta kebutuhan tim yang bersangkutan.

"Itu pemain senior juga boleh dimainkan jika umurnya pas (masih 19 tahun), begitu juga sebaliknya pemain itu bisa main di U-19 maupun tim senior," tuturnya.

Sebagai informasi, PT LIB telah melakukan pembagian grup untuk Liga 1 U-19. Grup 1 dihuni oleh PSMS Medan, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Bhayangkara FC, PS  TIRA dan PSIS Semarang.

Sementara itu, Grup 2 dtempati Persib Bandung, Persela Lamongan, Persebaya Surabaya, Madura United, Bali United dan Barito Putera. Grup 3 terdiri atas Arema FC, Persipura Jayapura, PSM Makassar, Borneo FC, Mitra Kukar dan Perseru Serui.

Nantinya, di babak penyisihan grup akan dimainkan dengan format home turnamen dalam dua putaran. Selanjutnya babak perempatfinal setengah kompetisi dengan dua grup dan semifinal serta final hanya sekali pertandingan.

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Sepak Bola Liga Indonesia di INDOSPORT.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%