Liga Indonesia

Jakmania Tewas, Persipura Tak Mau Liga Dihentikan

Selasa, 25 September 2018 18:15 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Lanjar Wiratri
© Sujarwo/INDOSPORT
Sekretaris Umum Persipura, Rocky Bebena Copyright: © Sujarwo/INDOSPORT
Sekretaris Umum Persipura, Rocky Bebena

INDOSPORT.COM - Manajemen Persipura melalui Sekretaris Umumnya, Rocky Bebena, angkat bicara soal desakan sejumlah pihak yang meminta kompetisi Liga 1 diberhentikan, menyusul insiden tewasnya seorang suporter Persija Jakarta.
Insiden yang terjadi sebelum laga Persib Bandung kontra Persija di Gelora Bandung Lautan Api itu, diminta dengan tegas harus diberikan sanksi kepada pihak yang terlibat.

Rocky menuturkan, desakan dari sejumlah pihak yang meminta untuk memberhentikan kompetisi Liga 1 tidaklah tepat sasaran. Pasalnya kata dia, kompetisi sudah separuh jalan.

"Liga sudah berjalan, selesai kompetisi baru di evaluasi, jangan langsung distop," ujar Rocky, saat dihubungi INDOSPORT, Selasa (25/09/2018).

© Sudjarwo/INDOSPORT
Oswaldo Lessa saat mendampingi timnya berlatih di Stadion Mandala. Copyright: Sudjarwo/INDOSPORTOswaldo Lessa saat mendampingi timnya berlatih di Stadion Mandala.

Dirinya menegaskan, pihak yang terlibat harus diberikan sanksi sesuai dengan regulasi. Insiden yang menewaskan suporter di laga Persib kontra Persija pun sudah berulang kali terjadi. Sehingga perlu ada satu sikap tegas untuk menindak hal tersebut.

"Kami menilai bahwa sanksi yang harus ditegakkan sesuai regulasi, terhadap pelanggaran yang dilakukan," tegasnya.

Sebelumnya, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) melalui ketua umumnya, Richard Sambera mengutuk keras insiden tersebut, namun mereka juga menyarankan agar kompetisi Liga 1 dihentikan. Hal yang sama juga disuarakan oleh berbagai pihak. 

"Kami sudah berbicara, dan kami minta kepada operator untuk memberikan rekomendasi ke PSSI ataupun Komdis, sehingga ada sanksi yang tegas, bersifat efek jera sehingga ini tak kejadian lagi," ungkap Ketua Umum BOPI Richard Sam Bera, usai pertemuan.

Tak hanya soal sanksi yang dinilai kurang tegas, Richard juga menyoroti persoalan gaji yang ditunggak oleh klub peserta kompetisi baik di Liga 1 dan Liga 2.

Terus Ikuti Sepak Bola Liga 1 Lainnya di INDOSPORT
 

241