Bola Internasional

Psikolog Timnas Indonesia U-16 Tularkan 'Virus' Jelang Lawan Australia

Senin, 1 Oktober 2018 13:09 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Psikolog Timnas Indonesia U-16, Laksmiari Saraswati. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Psikolog Timnas Indonesia U-16, Laksmiari Saraswati.

INDOSPORT.COM - Laksmiari tidak ingin terlihat tegang di hadapan para pemain Timnas Indonesia U-16 jelang laga kontra Australia.

Psikolog Timnas Indonesia U-16, Laksmiari Saraswati menilai Amiruddin Bagus Kahfi dan kolega dalam kondisi mental siap tempur jelang menghadapi Australia. Dia justru menilai rasa ketegangan menghinggapi tim ofisial.

Timnas Indonesia U-16 memang tengah merajut asa untuk dapat tampil di panggung Piala Dunia U-17 2019. Mimpi tersebut akan terwujud bila pasukan Garuda Asia mampu melewati satu hadangan lagi.

Ya, Bagus Kahfi dan kolega harus mampu melewati hadangan Australia di babak delapan besar Piala Asia U-16 2018, pada Senin (01/10/18) sore nanti di Stadion Bukit Jalil, Malaysia. Bila mampu menang dari Australia, Timnas Indonesia berhak tampil di Piala Dunia U-17 di Peru tahun 2019.

Sadar begitu pentingnya laga nanti, tentu tak hanya taktik dan strategi saja disiapkan. Tentu mental para pemain juga menjadi dasar penting.

Psikolog Timnas Indonesia, Laksmiari Saraswati tak menampik memang ketegangan cukup tinggi jelang nanti. Bahkan dia menilai semua ofisial merasakan ketegangan serupa.

"Yang pasti ketegangan menular kepada kita. Tapi tetap yang harus fokus adalah tim ofisial ini," ucap wanita yang kerap disapa Asti ketika berbincang dengan awak INDOSPORT di Malaysia, Senin (01/10/18).

Ya, Asti dan ofisial lainnya memang harus mampu mencairkan ketegangan tersebut. Hal ini agar para pemain Timnas Indonesia U-16 dapat bermain enjoy sore nanti.

"Kita harus tetap tenang di depan anak-anak. Kalau kita panik, anak-anak ikut panik. Jadi kita sebagai seorang dewasa harus lebih dewasa dan menularkan rasa optimistis kepada anak-anak," beber Asti.

"Kalau kita tenang, pasti anak-anak akan bermain tenang dan mengeluarkan kemampuan terbaik mereka," tutur Asti.

Ikuti Update Terbaru Jadwal Piala Asia U-16 2018 dan Perkembangan Timnas Indonesia U-16 di INDOSPORT.

137