Bola Internasional

Rekap Jejak Australia di Piala Asia U-16, Bangkit Usai Terpuruk

Senin, 1 Oktober 2018 10:25 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© AFC
Selebrasi Pemain Australia U-16. Copyright: © AFC
Selebrasi Pemain Australia U-16.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia tengah bersiap menjamu Australia dalam babak perempatfinal Piala Asia U-16 yang bakal digelar pada Senin (01/10/18) sore WIB.

Laga tersebut akan menjadi pertarungan hidup-mati Garuda Asia untuk dapat mewujudkan mimpi tampil di Piala Duni U-17 yang akan diselenggarakan di Peru 2019 mendatang.

Ya, dalam ajang Piala Asia U-16 2018, siapapun tim yang berhasil meraih tiket ke semifinal, sudah otomatis menjadi peserta di Piala Dunia U-17 2019, meskipun nantinya tidak bisa meraih gelar juara.

Jelang laga tersebut, Indonesia wajib mewaspadai ketangguhan calon lawan. Meski begitu, skuad arahan Fakhri Husaini wajib optimistis mampu meraih kemenangan.

Melihat rekam jejak tim Kangguru di ajang Piala Asia selema beberapa edisi terakhir, sejatinya wakil benua Australia tersebut sempat gagal total di edisi tahun lalu, dimana mereka menjadi juru kunci di babak penyisihan grup.

Dalam edisi Piala Asia U-16 tahun 2016 lalu, Australia tergabung dalam grup B bersama Jepang, Vietnam dan Kirgistan. Selama babak penyisihan, Australia tak mampu meraih satu poin pun alias selalu kalah bahkan kontra Vietnam dengan skor 2-3.

Namun di tahun 2018 ini, mereka berhasil bangkit dan berhasil lolos dari babak penyisihan grup yang dihuni Korea Selatan, Irak dan Afganistan. Bahkan mereka mampu menaklukan sang juara bertahan Irak dengan skor 2-1 di matchday kedua.

Dalam lima edisi Piala Asia U-16 yang diikuti, capaian terbaik yang pernah di raih Australia adalah peringkat ketiga pada tahun 2014 dan peringkat keempat di tahun 2010. Sisanya, mereka hanya mentok perempat final pada 2008 dan 2012.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Timnas Indonesia U-16 serasa bermain di rumah sendiri. Apakah angka itu akan terlewati di babak perempatfinal nanti? #pialaasiau16 #timnasindonesia #timnasu16 #suporter #indosport

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti Update Terbaru Jadwal Piala Asia U-16 2018 dan Perkembangan Timnas Indonesia U-16 di INDOSPORT.

112