Bola Internasional

Bek Kiri Timnas Indonesia U-19 Ini Terancam Dicoret dari Skuat Piala Asia

Jumat, 12 Oktober 2018 17:17 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Salah satu bek kiri Timnas Indonesia U-19, Samuel Christianson Simanjuntak, dilaporkan mengalami cedera pada lututnya saat uji coba melawan Arab Saudi, Rabu (10/10/18) lalu di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Ketika itu, pemain milik Sriwijaya FC itu harus ditarik keluar usai berbenturan dengan pemain lawan pada menit ke-18.

Akibatnya, Samuel kemungkinan besar dicoret dari daftar 23 nama yang telah didaftarkan ke AFC. Hal itu sudah dikonfirmasi pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, yang mengatakan pihaknya sedang berkomunikasi dengan AFC tentang pergantian slot pemain tersebut.

"Keadaannya ada sedikit retak di kakinya dan butuh waktu yang agak panjang untuk waktu sembuhnya," ujar Indra.

"Saya mencoba bernegosiasi dengan AFC supaya ada pergantian pemain karena force major," sambung eks pelatih Bali United itu.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia U-19. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSelebrasi para pemain Timnas Indonesia U-19.

Selama ini, Samuel merupakan pemain yang kerap menjadi langganan tetap di posisi bek kiri Timnas U-19. Ia silih berganti dimainkan di posisi bek kiri, bersama Firza Andhika.

Sebelum cedera pada pekan ini, Samuel juga pernah mengalami cedera parah pada awal tahun ini. Ia bahkan harus naik meja operasi dan absen cukup lama dari Sriwijaya FC dan juga Timnas U-19.

Nama Samuel mulai banyak dikenal sejak bermain bagi Timnas di Piala AFF U-18 di Myanmar, September 2017 lalu. Pemuda kelahiran Jakarta, 31 Juli 1999 itu merupakan jebolan Sekolah Sepakbola (SSB) Jakarta Football Academy. 

Saat usianya 12 tahun, Samuel terpilih dalam seleksi pemain yang diberi kesempatan untuk berlatih bersama salah satu klub Inggris, Southampton pada tahun 2012. Selanjutnya, sepak terjang Samuel terus berlanjut, ia kemudian berkesempatan untuk menimba ilmu di sebuah akademi sepakbola ternama di Valencia, Spanyol, yakni Royal European Football Academy (REFA).

Setelahnya, Samuel juga sempat memperkuat salah satu klub raksasa Indonesia, Persija Jakarta, sebelum akhirnya bergabung dengan Sriwijaya musim ini.