Bola Internasional

Resmi! Ada Nuansa Piala Dunia di Peraturan Piala Asia U-19

Sabtu, 13 Oktober 2018 08:19 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Logo Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Copyright: © LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Logo Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

INDOSPORT.COM - Setelah direkomendasikan oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola internasional (IFAB), Federasi Sepak Bola Asia (AFC) akhirnya menyetujui perihal aturan baru atau Law of The Game (LOTG) soal pergantian pemain.

Lewat Komite Eksekutif AFC, dijelaskan bahwa aturan tersebut adalah diperbolehkannya satu tim melakukan empat kali pergantian pemain dalam satu pertandingan.

Namun khusus untuk satu pergantian terakhir tersebut hanya bisa dilakukan ketika pertandingan memasuki babak tambahan waktu atau extra time.

Aturan tersebut sejatinya sudah terlebih dahulu diterapkan dalam ajang sepak bola terakbar di dunia, yakni Piala Dunia 2018 di Rusia lalu.

Apa yang dilakukan AFC saat ini dengan mengikuti aturan tersebut tak lepas dari upaya mereka menyajikan pertandingan sepak bola yang menghibur di Asia. Khususnya dalam rangka menyambut Piala Asia 2019.

“Seluruh Benua (Asia) bersemangat menantikan turnamen paling bergengsi di Asia, dan oleh karena itu penting bagi AFC di Piala Asia yang akan berlangsung di UAE 2019 nanti untuk mengadopsi peraturan terbaru ini. Sejalan dengan usaha kami untuk menampilkan tontonan yang benar-benar tak terlupakan di ajang tersebut," kata Presiden AFC Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa dalam situs resmi AFC.

281