Bola Internasional

Suporter Diduga Ejek Tragedi Hillsborough, Klub Antah-berantah Ini Minta Maaf

Senin, 15 Oktober 2018 14:10 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Liverpool FC
Suporter saat mengenang tragedi Hillsborough. Copyright: © Liverpool FC
Suporter saat mengenang tragedi Hillsborough.

INDOSPORT.COM - Sebuah insiden kurang mengenakkan terjadi saat laga Hebburn Town vs City of Liverpool di Vas FA alias turnamen yang digelar untuk klub-klub kecil di bawah naungan Liga Nasional Inggris.  

Dilansir laman berita olahraga Chronicle Live, segelintir penonton membuat kegaduhan dan diduga juga menyanyikan chant bernada olokan terhadap Tragedi Hillsborough yang merupakan isu sensitif bagi dunia sepak bola Inggris dan juga para suporter asal Merseyside.

Hebburn Town sebagai tuan rumah berhasil memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 4-0 namun merasa kecewa lantaran kemenangan tersebut harus diwarnai sedikit insiden memalukan, yang konon baru pertama terjadi sepanjang sejarah klub menggelar pertandingan.

“Meski bersyukur atas hasil luar biasa yang berhasil diraih, bahkan ketika melawan tim tamu yang begitu hebat, dan juga pecahnya rekor jumlah penonton sebanyak 1.302 orang, kesuksesan kami ternodai oleh insiden yang terjadi setelah pertandingan,” kata pihak klub.

Manajemen Hebburn Town juga mengatakan bahwa Kepolisian Northumbria juga telah membubarkan massa yang rusuh tanpa melakukan penangkapan. Selain itu, Kepolisian juga mengawal bus suporter tamu pulang ke Liverpool dengan aman.

“Selama 106 tahun sejak kami berdiri, kami belum pernah mengalami isu buruk apa pun soal penonton. Ini adalah kali pertama kami melihat aksi yang begitu mengecewakan dan tidak peka tehadap kondisi sosial di sekitarnya. Pada hasilnya, terjadi tindak kekerasann yang benar-benar idiot.”

Klub sepak bola yang berjuluk The Hornets pun meminta maaf dan berjanji akan berusaha semaksimal mungkin agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

“Kami mohon maaf kepada seluruh pendukung Hebburn Town dan City of Liverpool. Selain itu kami juga mohon maaf kepada para warga di sekitar lokasi, terutama di daerah North Drive, yang terpaksa menyaksikkan insiden tersebut dari kediaman mereka,” pungkas pihak klub.

Sekadar informasi, Tragedi Hillsborough sendiri terjadi di laga semifinal Piala FA 1989 antara Liverpool vs Nottingham Forest pada 15 April 1989 silam. Saat itu, tribun Stadion Hillsborough yang jadi lokasi laga roboh dan menyebabkan 96 orang meninggal dunia.

Ikuti Terus Update Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM