Liga Indonesia

5 Regulasi Wajib untuk Klub Indonesia Agar Dapat Lisensi Profesional AFC

Rabu, 17 Oktober 2018 20:47 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Menjelang akhir musim 2018 kompetisi sepak bola nasional Liga 1 membuat sejumlah klub yang berpartisipasi mendapatkan lisensi profesional dari Asian Football Confederation (AFC).

Tentu saja lisensi ini begitu penting karena menyangkut perjalanan klub-klub Liga 1 berkancah di Asia. Sebab untuk bisa bermain di Piala AFC atau Liga Champions Asia memang harus mendapatkan lisensi dari AFC.

Untuk mendapatkan lisensi profesional dari AFC tentu tidak mudah. Mereka harus lulus dari beberapa aturan dasar yang ditetapkan AFC, yakni Club Licensing Regulation (CLR).

CLR telah disetujui oleh Federation of International Football Association (FIFA) pada 2004. Kemudian diberdayakan oleh Komisi Eksekutif pada 2007 hingga diberlakukan pada 1 Januari 2008 lalu.

Di Indonesia sendiri hingga saat ini baru Persib Bandung, Persija Jakarta, Arema FC, Bali United, Borneo FC, Madura United, dan Bhayangkara FC yang mendapatkan lisensi profesional AFC.

Ternyata untuk mendapatkan lisensi tersebut, klub-klub Liga 1 harus memenuhi persyaratan yang diterapkan. Saat ini ada lima kriteria yang dimaksudkan.

60