Liga Indonesia

Apa Kabar 3 Jebolan Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 1979?

Jumat, 19 Oktober 2018 19:01 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Indosport.com
Trophy FIFA World Cup U20. Copyright: © Indosport.com
Trophy FIFA World Cup U20.

INDOSPORT.COMPiala Asia U-19 2018 baru saja bergulir pada Kamis, (18/10/2018). Indonesia kini berstatus tuan rumah. Indonesia tergabung dalam grup A bersama Uni Emirat Arab, Qatar, dan Chinese Taipei.

Dilaga perdana Indonesia akhirnya mampu menang dan meraih poin penuh. Indonesia menang dengan skor meyakinkan atas Chinese Taipei, 3-1. Dua gol dicetak oleh Witan Sulaiman dan satu gol di Egy Maulana Vikri.

Ini membuat Timnas Indonesia U-19 saat ini bercokol sebagai pemuncak klasemen sementara grup A Piala Asia U-19 dengan poin 3, dibuntuti oleh Uni Emirat Arab dengan poin yang sama 3 setelah mengalahkan Qatar dengan skor 2-1

Sementara itu target Timnas U-19 di turnamen ini memang luar biasa. Coach Indra Sjafri kali ini ingin Timnas mampu tampil di putaran final Piala Dunia U-20 2019 di Polandia.

Namun, ini menjadi pekerjaan berat bagi Coach Indra, sebab minimal Indonesia harus bisa tembus ke babak semifinal untuk meraih tiket terbang ke Polandia.

Coach Indra Sjafri menuturkan ingin ulang kejayaan Indonesia ketika mampu manggung di Piala Dunia U-20 Jepang 1979.

Indonesia saat itu lolos karena keberuntungan. Setahun sebelumnya Piala Asia U-19 digelar di Bangladesh. Indonesia saat itu hanya mampu menembus babak perempatfinal.

Pada masa itu syarat untuk lulus ke Piala Dunia U-20 adalah mereka yang tampil di babak final. Ketika itu final mempertemukan Korea Selatan dan Irak. Tak peduli siapa yang menang dan kalah, keduanya berhak lolos ke Piala Dunia U-18

Namun, Irak menolak untuk tampil ke Piala Dunia, kemudian tiket beralih ke Kuwait, namun Kuwait juga menarik diri, lalu ditawarkan kepada Korea Utara, mereka juga tidak mau tampil.

Dan akhirnya, Indonesia satu-satunya yang tampil apik di babak perempat-final itu siap tampil ke Piala Dunia U-20 Jepang.

Asia akhirnya diwakili oleh 3 negara, Korea Selatan, Jepang (tuan rumah) dan Indonesia. Indonesia saat itu berisikan pemain-pemain hebat Tanah air. Mereka sempat merasakan bagaimana melawan bintang dunia asal Argentina, Diego Maradona.

Kini setelah 39 tahun berlalu, seluruh pemain Timnas Indonesia U-19 saat itu sudah memiliki jalan karier yang berbeda. Berikut ini, situs berita olahraga INDOSPORT coba merangkum kabar terbaru tiga pemain yang pernah tampil di Piala Dunia U-20 1979 tersebut.