Liga Indonesia

Siasat Barito Putera Demi Curi Poin di Kandang Persela

Selasa, 23 Oktober 2018 15:19 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Barito Putera akan menjalani ujian berat kala giliran bertandang ke markas Persela Lamongan, dalam lanjutan pekan 27 Liga 1, sore nanti. Skuat tim Laskar Antasari itu mematok target mencuri poin, untuk tetap menjaga peluang juara kompetisi musim ini di pertandingan Barito Putera vs Persela tersebut.

Barito Putera menempati posisi ke-8 dengan 37 poin, dan masih terpaut 10 angka untuk mengejar PSM Makassar yang menguasai puncak klasemen saat ini.

"Kami memandang setiap pertandingan adalah ajang untuk mencari hasil terbaik. Yang penting adalah melakukan kerja yang keras, maka usaha akan mengikuti," papar Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago.

Di tengah ambisi menambah pundi-pundi angka, Barito Putera juga dihadang dengan persoalan yang cukup serius. Persiapan kurang dari tiga hari jelas tidak ideal bagi kondisi kebugaran fisik Mathias Cordoba dkk, pasca diimbangi oleh Perseru Serui, 19 Oktober lalu.

© INDOSPORT/Annisa Hardjanti
Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago. Copyright: INDOSPORT/Annisa HardjantiPelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago.

Di lain pihak, Persela Lamongan lebih diuntungkan dari segi kebugaran. Lantaran di hari yang sama, laga kontra Persija Jakarta harus ditunda satu bulan ke depan akibat Stadion Patriot di Bekasi harus digunakan dalam agenda Piala AFC U-19 yang tengah berlangsung.

"Mungkin semua tahu, kami memiliki jeda waktu yang pendek untuk bersiap melawan Persela. Tapi kami pastikan, tim ini tetap turun dengan kekuatan terbaik tanpa satu pun pemain yang cedera," juru taktik kebangsaan Brasil itu melanjutkan.

Perbedaan waktu istirahat itu pun kurang menguntungkan bagi tim yang bermarkas di Stadion 17 Mei Banjarmasin itu. Barito Putera pun memiliki siasat yang cukup jitu dalam hal mengoptimalkan sisi recovery, dengan tidak mengambil jatah official training di Stadion Gelora Surajaya Lamongan, satu hari sebelum pertandingan.

"Jarak stadion dengan Surabaya (tempat tim menginap) cukup jauh. Sehingga, kami memilih berlatih di Stadion Jenggolo (Sidoarjo) yang lebih dekat," ungkap Dian Agus Prasetyo.

"Lagipula, kami juga cukup paham dengan kondisi lapangan di Stadion Surajaya. Karena sempat bermain di sini pada ajang pra musim (Jakajaya Cup) kemarin," imbuh kiper andalan Barito Putera itu.

Terus ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya di INDOSPORT