Bola Internasional

Jatah Klub Liga 1 Mewakili Indonesia di Level Asia Berkurang

Rabu, 24 Oktober 2018 15:47 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Madura United, Persija Jakarta, Arema FC, PSM Makassar dan Persib Bandung sebagai klub papan atas Liga 1. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Madura United, Persija Jakarta, Arema FC, PSM Makassar dan Persib Bandung sebagai klub papan atas Liga 1.

INDOSPORT.COM - Kabar buruk harus menimpa kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1. Pasalnya, kini kesempatan klub-klub Liga 1 untuk bisa mewakili nama Indonesia di level Asia akan mengalami penurunan.

Ya, sudah menjadi kewajiban bila klub-klub Liga 1 yang mengakhiri kompetisi di papan atas, akan mendapatkan jatah untuk tampil di ajang antar klub benua Asia. Mereka akan berpartisipasi mewakili Indonesia dalam gelaran Liga Champions Asia dan AFC Cup.

Namun, khusus untuk musim depan, jatah tim-tim Liga 1 untuk mendapatkan hak tersebut akan berkurang. Seperti yang dijelaskan langsung oleh Divisi Kepala Departemen Lisensi Klub PSSI, Tigor Shalomboboy.

Tigor menerangkan bahwa musim depan akan ada tiga tim Liga 1 yang berhak mewakili Indonesia di level Asia. Rincian ketiga tim itu adalah satu tim di kualifikasi Liga Champions Asia, satu di babak grup AFC Cup, dan satu lagi di babak play-off AFC Cup.

"Detailnya kita dpt 1+1+1. Jadi 1 di kualifikasi Liga Champions Asia. 1 di AFC Cup Grup Stage, dan 1 di AFC play-off," ujar Tigor.

"Kalau gagal di Liga Champions Asia, kita jadinya kirim dua di AFC Cup. Karena ada maksimal juga dari tiap negara untuk mengirimkan wakilnya," tambah Tigor.