Bola Internasional

Catatan Kelam Timnas Indonesia di Piala AFF yang Mencederai Sportivitas

Sabtu, 27 Oktober 2018 16:00 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Laga kelam timnas Indonesia melawan Thailand di Piala AFF. Copyright: © INDOSPORT
Laga kelam timnas Indonesia melawan Thailand di Piala AFF.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia sampai saat ini belum pernah merasakan nikmatnya mengangkat trofi Piala AFF sepanjang sejarah. Pasalnya, langkah mereka selalu terhenti ketika sudah susah payah menginjakkan kaki di final.

Kendati demikian, catatan tersebut bukanlah sesuatu yang memalukan bagi dunia sepak bola Indonesia. Karena situs berita olah raga asal Vietnam saja menyisipkan julukan ‘Raja Kedua Asia Tenggara’ untuk Timnas Indonesia.

Meski hanya menjadi yang kedua, namun hal ini sudah cukup membuktikan bahwa ranah sepak bola Indonesia sudah mulai berkembang. Mengingat, Piala AFF dulunya sempat hanya didominasi oleh Thailand dan Singapura.

Namun jauh sebelum Indonesia mulai sering menginjakkan kakinya di partai final Piala AFF, Timnas Indonesia punya cerita kelam yang sangat memalukan.

Sekali lagi, ini bukan soal tak pernah juara, melainkan sikap kurang sportif yang diperlihatkan para pemain Timnas Indonesia di atas lapangan sepak bola.

Skuat Timnas Indonesia nyatanya pernah mencederai slogan sportivitas, yang dijunjung tinggi para pesepakbola dunia, saat bertarung di Piala AFF 1998 silam (dulunya bernama Piala Tiger).

Karena pada pertandingan terakhir penyisihan grup, Timnas Indonesia sama sekali tidak memiliki niat untuk memenangkan pertandingan. Aksi tersebut pun akhirnya dikenal masyarakat sebagai ‘sepak bola gajah’.

284