Liga Indonesia

Piala AFF 2018: Alasan PSSI Tak Panggil Pemain Indonesia yang Merumput di Luar Negeri

Jumat, 2 November 2018 02:17 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Juni Adi
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI tidak ikut campur tangan dalam pemilihan pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018.

Sejak 23 nama pemain yang akan mewakili Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 mencuat ke publik, banyak pihak yang mempertanyakan khususnya para pecinta sepak bola Indonesia.

Masyarakat banyak yang merasa kurang puas, dengan materi pemain pilihan Bima Sakti lantaran beberapa pemain Indonesia yang merumput di luar negeri tak masuk skuat Garuda.

Nama-nama tersebut seperti Andik Vermansyah, Yanto Basna, Ilham Udin, Terens Puhiri dan Ryuji Utomo yang menjadi pilihan utama di lini belakang klub Thailand, PTT Rayong FC.

Menyikapi kritikan yang dilontarkan oleh publik, PSSI melalui Wakil Ketua Umumnya, Joko Driyono menanggapinya dengan santai.

Ia merasa pemanggilan nama-nama pemain sepenuhnya adalah hak pelatih. Namun bukan tidak mungkin, nama-nama yang saat ini dipanggil untuk TC bisa berubah.

"Terkait pemilihan pemain, ujungnya pelatih yang menentukan. Komitmen PSSI tidak akan menganggu hal tersebut sejauh tidak menyimpang dari target," kata Joko Driyono.

"Secara administratif (perombakan nama) masih bisa, tapi semua itu dikembalikan ke tim pelatih," tambahnya.

Perihal untuk target Timnas Indonesia, pria yang karib disapa Jokdri ini mengatakan targetnya sama seperti edisi Piala AFF sebelum-sebelumnya, yakni juara. 

"Kami selalu menetapkan bahwa di tingkat regional Asia Tenggara,  Timnas Indonesia harus jadi yang terbaik," tegasnya.

Terus Ikuti Update Berita Sepak Bola Timnas Indonesia dan Berita Piala AFF 2018 Lainnya di INDOSPORT.COM.

631