Liga Inggris

Offside atau Tidak soal Gol Sadio Mane? Ini Jawaban Eks Wasit Premier League

Minggu, 4 November 2018 07:26 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Juni Adi
© Mirror
Posisi Mane yang dianggap offside saat Liverpool melawan Arsenal. Copyright: © Mirror
Posisi Mane yang dianggap offside saat Liverpool melawan Arsenal.

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Liverpool berhasil mencuri satu poin dari lawatannya ke kandang Arsenal pada pertandingan pekan ke-11 kasta teratas sepak bola Liga Inggris, Premier League Inggris, Minggu (04/11/18) dini hari WIB.

Sempat unggul terlebih dahulu lewat kapten mereka James Milner di menit ke-61, Liverpool harus puas berbagi poin setelah penyerang Arsenal, Alexandre Lacazette bisa menyamakan skor di delapan menit jelang waktu normal berakhir.

Namun di tengah hasil imbang tersebut, ada sedikit kontroversi yang mewarnai jalannya pertandingan. Yakni ketika gol penggawa Liverpool, Sadio Mane di babak pertama dianulir oleh wasit akibat dianggap terjebak dalam posisi offside.

Padahal jika melihat tayangan ulang, posisi pemain asal Senegal itu jelas dalam keadaan onside ketika Roberto Firmino menyepak bola yang kemudian menyentuh tiang gawang, dan sukses diteruskan Mane menjadi gol.

Tapi ada kecurigaan, bahwa hakim garis mengangkat bendera offside akibat posisi Mane ketika bola pertama kali diarahkan kedepan. Yakni ketika Alexanre Arnold melambungkan bola dan diambil oleh Firmino.

Menjawab dugaan tersebut, mantan wasit Premier League Inggris, Peter Walton memberikan penjelasan mengenai keputusan tersebut.

708