Bola Internasional

5 Pelatih Asing Era 2000an yang Berjasa Tangani Timnas Indonesia

Senin, 5 November 2018 10:32 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Pelatih Asing Alfred Riedl, Ivan Kolev, dan Jacksen F. Tiago. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Pelatih Asing Alfred Riedl, Ivan Kolev, dan Jacksen F. Tiago.

INDOSPORT.COM – Sebelum berjibaku di ajang Piala AFF 2018, tidak ada salahnya jika kita kembali mengenang beberapa juru taktik yang pernah menangani Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Dari sekian banyak pelatih yang pernah mengarsiteki Timnas Indonesia, tak jarang PSSI menggunakan jasa pelatih asing untuk menggeber performa Indonesia dikancah Internasional.

Dengan bantuan pelatih asing ini, tak sedikit juga Indonesia berhasil unjuk gigi diajang internasional. Dari banyaknya pelatih asing yang pernah melatih Skuat Garuda, berikut INDOSPORT merangkum 5 pelatih asing yang pernah mengarsiteki tim nasional Indonesia pada era 2000an hingga kini:

Ivan Kolev

© INTERNET
Ivan Venkov Kolev, pelatih Timnas Indonesia di Piala Tiger 2002. Copyright: INTERNETIvan Venkov Kolev, pelatih Timnas Indonesia di Piala Tiger 2002.

Setelah sukses membawa Persija Jakarta meraih gelar Piala Invitas Brunei Darussalam di tahun 2000, pelatih asal Bulgaria ini langsung diberi amanah untuk mengarsiteki Timnas Indonesia pada tahun 2002.

Ivan Kolev sukses membawa Timnas Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia 2004 dan berhasil membawa Tim Merah Putih mengalahkan salah satu tim unggulan, yakni Timnas Qatar pada babak grup dengan skor 2-1.  Atas hasil ini, nama Ivan KOlev sempat dielu-elukan karena keberhasilannya tersebut.

Sempat digantikan oleh Peter White, Ivan Kolev kembali dipanggil untuk kembali melatih Skuat Garuda pada ajang Piala Asia 2007. Meski kalah, Ivan Kolev berhasil membuat Bambang Pamungkas cs dinilai sukses membangkitkan semangat sepak bola nasional Indonesia.

Peter White

© INTERNET
Peter White saat melatih Timnas Indonesia. Copyright: INTERNETPeter White saat melatih Timnas Indonesia.

Mantan pemain klub Inggris, Aston Villa ini sukses membawa perubahan besar bagi persepakbolaan Indonesia. Membawa gaya bermain sepak bola ala Negeri Ratu Elizabeth, Peter White berhasil membawa skuat Garuda melaju hingga babak final Piala AFF 2004.

Dengan membawa formasi modern ala Inggris, Peter White sukses membuat taring Indonesia dikancah internasional kembali tajam. Terbukti dari rekor tidak pernah kalah dan tidak pernah kebobolan dalam fase grup membuat skuat Garuda tidak bisa dipandang sebelah mata.

Peter White dipercaya melatih tim nasional Indonesia selama 3 tahun. Setelah tiga tahun berselang, Peter White kembali digantikan oleh pelatih tim nasional yang lama yaitu Ivan Kolev.

240