Bola Internasional

Bangga! Tidak Hanya Timnas, Wasit Indonesia Tampil di Piala AFF 2018

Rabu, 7 November 2018 16:15 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Turnamen sepak bola Piala AFF 2018 akan mulai dihelat besok (08/11/18). Tidak hanya Timnas Indonesia saja yang berlaga, sejumlah wasit Indonesia ikut meramaikan turnamen sepak bola antarnegara ASEAN tersebut.

Salah satu wasit terbaik Indonesia, Thoriq Alkatiri, didampingi oleh dua asisten Nurhadi dan Bangbang Syamsudar akan memimpin pertandingan antara Laos vs Vietnam, Kamis (08/11/18) malam, di Stadion Nasional Laos.

Selain mereka bertiga, pertandingan tersebut juga melibatkan pengawas pertandingan (match commissioner) asal Indonesia, Asep Saputra. Ia juga akan menjalani tugas yang sama di pertandingan Kamboja vs Laos, Selasa (20/11/18) malam, di Stadion Olimpiade Phnom Penh.

Oki Dwi Putra tidak mau kalah dari Thoriq Alkatiri. Ia juga akan bertugas di Piala AFF memimpin pertandingan Myanmar vs Kamboja, Senin (12/11/18), di Stadion Mandalar Thiri, Senin.

Indonesia saat ini telah memiliki lima wasit berlisensi FIFA, di antaranya Thoriq Alkatiri, Musthofa Umarella, Yudi Nurcahya, Oki Dwi Putra, dan Dwi Purba Adi Wicaksana. Selain wasit, Indonesia mempunyai tujuh asisten wasit berlisensi FIFA.

Di antara wasit lain di Indonesia, Thoriq Alkatiri menjadi satu-satunya wasit asal Indonesia yang mendapatkan kategori elite referee. Status tersebut membuatnya masuk jajaran elite wasit AFC.

Thoriq Alkatiri sudah bisa bertugas di pertandingan besar pada kompetisi level Asia, seperti Piala Asia atau Liga Champions Asia. Terakhir, ia bahkan memimpin pertandingan FIFA Match Day antara Kamboja vs Timor Lester (12/10/18) lalu.

Ikuti Terus Update Piala AFF 2018 dan Sepak Bola Indonesia di INDOSPORT.COM

1