Bola Internasional

Bima Sakti Layak Tiru, Inilah 4 Pelatih Lokal Terbaik Timnas Indonesia

Rabu, 7 November 2018 13:01 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Isman Fadil
© Bima Sakti
Bima Sakti saat menghadiri pemain terbaik FIFA 2018 Copyright: © Bima Sakti
Bima Sakti saat menghadiri pemain terbaik FIFA 2018

INDOSPORT.COM - Setelah Timnas Indonesia dilatih oleh pelatih asing, Luis Milla, kini pelatih lokal yang akan menjadi nahkoda tim dan dia adalah Bima Sakti. Meskipun Bima Sakti diragukan karena pelatih lokal yang minim pengalaman, setidaknya ia bisa meniru pelatih-pelatih lokal terbaik yang pernah tangani Timnas Indonesia.

Dalam sejarahnya, pelatih terbaik yang ada di Timnas Indonesia tidak hanya datang dari nama-nama asing saja. Nyatanya, ada pelatih asli orang Indonesia yang mampu berprestasi bersama Timnas Indonesia.

Terkadang, meskipun sudah dilatih oleh pelatih asing, belum tentu tim akan bermain baik dan meraih sejumlah prestasi. Faktor Bahasa menjadi salah satu penunjang mengapa pelatih Timnas Indonesia sebaiknya berasal dari dalam negeri.

Memang benar Luis Milla menggunakan jasa penerjemah untuk berkomunikasi dengan para pemainnya, tetapi mendengarkan arahan taktik dari seorang pelatih secara langsung tentu akan lebih efektif ketimbang harus lewat perantara untuk menerjemahkannya terlebih dahulu.

Bisa jadi alasan kuat mengapa PSSI bersikeras lebih memilih menggunakan pelatih asing dibanding lokal karena dianggap mempunyai pemahaman taktik yang lebih baik. Meski begitu, masih terdapat beberapa nama pelatih rasa lokal yang dalam sejarahnya berprestasi dan layak ditiru oleh Bima Sakti jika ingin sukses di Piala AFF 2018.

Berikut INDOSPORT.com rangkum dalam 4 pelatih lokal terbaik Timnas Indonesia yang layak ditiru Bima Sakti