Bola Internasional

Pernah Menjajah, Belanda Wariskan Hal Ini pada Timnas Indonesia

Rabu, 7 November 2018 12:41 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Skuat Timnas Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Skuat Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Dalam sejarahnya, Indonesia pernah dijajah oleh Belanda selama 350 tahun atau tiga setengah abad lamanya. Banyak hal yang diwariskan oleh Belanda pada Indonesia termasuk yang berkaitan dengan sepak bola.

Dalam hitungan hari, Timnas Indonesia akan bertanding di Piala AFF 2018 yang dianggap sebagai kompetisi bergengsi yang harus dimenangkan. Sementara itu bagi Belanda, ajang bergengsi yang harus dimenangkan adalah Piala Dunia.

Sepintas Piala Dunia dan Piala AFF sudah pasti merupakan level kompetisi yang berbeda. Akan tetapi Timnas Indonesia memiliki kesamaan dengan Belanda terkait dua kompetisi bergengsi itu, yaitu sam-sama tidak pernah juara meski diprediksi bakal juara dan sering masuk final.

Seperti yang kita tahu, Timnas Indonesia adalah salah satu tim yang paling banyak bermain di babak final yaitu lima kali. Sedangkan Belanda sudah bermain di tiga final Piala Dunia, tetapi tidak pernah mengakhiri pertandingan dengan senyuman.

Alhasil Belanda dan Timnas Indonesia sama-sama menyandang predikat ‘juara tanpa mahkota’. Tampaknya selain bangunan, bendungan air, dan ‘korupsi’, Belanda juga mewariskan status juara tanpa mahkota di cabang sepak bola kepada Indonesia.

654