Bola Internasional

Tidak Main-main, 3 Negara Ini Punya Misi Khusus di Piala AFF 2018

Rabu, 7 November 2018 13:57 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© affsuzukicup.com
Trofi Piala AFF Copyright: © affsuzukicup.com
Trofi Piala AFF

INDOSPORT.COM - Sesuai jadwal, kompetisi sepak bola terakbar di Benua Asia Tenggara, Piala AFF 2018 akan dimulai pada Kamis (08/11/18) besok.

Sebanyak 10 negara Asia Tenggara akan berlomba menampilkan permainan sepak bola yang terbaik di Piala AFF 2018. Namun, bagi tiga negara ini, mereka ingin lebih sekadar jadi yang terbaik.

Tiga negara tersebut adalah Thailand, Vietnam, dan Filipina yang akan menjadikan turnamen sepak bola Piala AFF ini sebagai persiapan menuju Piala Asia (AFC Cup) yang akan berlangsung di Uni Emirat Arab pada Januari 2019.

Di Piala Asia nanti, persaingan jelas lebih keras karena ada tim-tim kuat Asia seperti Jepang, Korea Selatan, dan negara-negara Timur Tengah.

Thailand sebagai negara tersukses di Piala AFF dengan lima gelar juara, kali ini di Piala AFF 2018 tanpa diperkuat keempat pemain mereka yang merumput di negeri orang. 

Tetapi hal tersebut bukan berarti mereka dapat diremehkan. Di ajang Piala AFF 2018, tim asuhan Milovan Rajevac akan berada satu grup dengan Filipina, Indonesia, Singapura, dan debutan Timor Leste.

Selain itu keikutsertaan Filipina di Piala Asia 2019 memang diluar dugaan. Mereka pasti akan tampil habis-habisan mengingat reputasi kinclong sang pelatih kelas dunia, Sven-Goran Eriksson.

Di Piala Asia 2019, Thailand berada di Grup A bersama tuan rumah Uni Emirat Arab, India dan Bahrain. Sementara Filipina berada satu grup dengan Korea Selatan, China, dan Kirgistan, demikian menurut data dari situs resmi AFC.

Vietnam sendiri dianggap sebagai salah satu negara Asia Tenggara yang sepak bolanya mengalami kemajuan. Juara Piala AFF 2008 ini di Piala Asia 2019 akan berada satu grup dengan dua tim kuat lainnya yaitu Iran, Irak, dan Yaman.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT