Liga Indonesia

Bima Sakti Diragukan, Legenda Timnas Indonesia Beri Dukungan

Kamis, 8 November 2018 09:47 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Lanjar Wiratri
© Bima Sakti
Bima Sakti saat berlibur di salah satu pantai Copyright: © Bima Sakti
Bima Sakti saat berlibur di salah satu pantai

INDOSPORT.COM - Berbagai suara sumbang banyak menerpa Bima Sakti setelah ditunjuk PSSI untuk menangani Timnas Indonesia. Meski diragukan banyak pihak saat ditunjuk membesut Timnas Indonesia, namun Bima mendapat dukungan dari legenda sepak bola Indonesia ini.

Publik memang patut ragu soal kapasitas juru taktik pengganti Luis Milla itu, mengingat minimnya pengalaman yang menjadi bekalnya.

Sebelum menjadi asisten pelatih kebangsaan Spanyol selama dua tahun, Bima Sakti memang lebih banyak hilir mudik mengejar lisensi kepelatihannya. Sedangkan saat di musim 2016 lalu, karir kepelatihannya dimulai dengan merangkap sebagai pemain sekaligus Asisten Pelatih Persiba Balikpapan, yang saat itu dijabat Jaino Matos.

Tak pelak, sebagian pendukung tim Merah Putih pun ragu akan kapasitas seorang Bima Sakti, yang kini membawa beban tinggi untuk meraih prestasi di Piala AFF. Terlebih, tuntutan publik juga kian tinggi lantaran timnas sama sekali belum merasakan trofi juara turnamen dua tahunan di Asia tenggara itu sepanjang 12 kali penyelenggaraan.

"Saya kira hal yang wajar (munculnya keraguan publik). Dia memang orang baru, dan juga minim pengalaman," tutur Robby Darwis yang merupakan bek legendaris Timnas di era 1990an tersebut.

© Ian Setiawan
Robby Darwis, menilai sudah saatnya Timnas Indonesia di level senior meraih trofi juara Piala AFF, setelah didahului oleh para juniornya di timnas U-16 dan U-19 Copyright: Ian SetiawanRobby Darwis, menilai sudah saatnya Timnas Indonesia di level senior meraih trofi juara Piala AFF, setelah didahului oleh para juniornya di timnas U-16 dan U-19

Ia pun paham, jika publik membandingkan Bima Sakti dengan para pelatih lain yang berada di tim nasional. Seperti halnya Fakhri Husaini yang sukses membawa Timnas U-16 meraih trofi Piala AFF maupun Indra Sjafri yang sukses menangani Timnas U-19.

Kendati banyak keraguan, namun tidak mengurangi dukungan Robby Darwis kepada Bima Sakti. Sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya semua pihak menyatukan dukungan untuk tim nasional.

"Kita suport saja, karena pemilihan dia kan juga sudah ditentukan federasi. Yang namanya dipilih menjadi wakil negara itu, pasti dia punya sesuatu yang bagus," papar pelatih berusia 54 tahun yang kini menangani PSKC Cimahi di Liga 3 tersebut.

"Apalagi Bima Sakti juga mantan pemain timnas. Mungkin (Piala AFF) ini menjadi kesempatan untuk dia," pungkasnya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas Indonesia Lainnya di INDOSPORT 
 

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%