Bola Internasional

Akmal Marhali Ungkap 3 Penyebab Kekalahan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Sabtu, 10 November 2018 15:41 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Tribunnews.com
Akmal Marhali Copyright: © Tribunnews.com
Akmal Marhali

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia memulai langkahnya di ajang sepak bola, Piala AFF 2018 dengan awal yang buruk usai dikalahkan oleh Singapura dengan skor 0-1. Kekalahan tersebut menjadi sorotan dari berbagai pengamat termasuk Akmal Marhali yang mengungkap penyebab kegagalan Timnas Indonesia meraih kemenangan.

Setidaknya ada tiga alasan utama mengapa skuat yang dipimpin oleh Bima Sakti tidak tampil seperti biasanya, justru anti klimaks kalah dari Singapura. Hal pertama yang disorot adalah efektivitas serangan yang dilancarkan Timnas Indonesia tidak efektif.

“Tampak dari total tembakan, Singapura melakukan 12 kali dan 4 on target. Indonesia hanya 4 kali dan satu on target,” tulis Akmal Marhali dalam layanan pesan singkat kepada media olahraga, INDOSPORT.

Padahal Timnas Indonesia unggul penguasaan bola hingga 62 persen dibanding 38 persen milik Singapura. Akan tetapi Timnas Indonesia tampak hanya berputar-putar saja di lini tengah tanpa memiliki cara membongkar pertahanan Singapura.

Minim kreativitas dan strategi cadangan menjadi pemicu mengapa sejumlah penguasaan bola dari Timnas Indonesia tidaklah efektif. Karena bagaimanapun menang ball possession tidak berarti menang dalam pertandingan (silakan tanyakan itu pada Barcelona).