Bola Internasional

Dikritik Usai Kalah dari Singapura, Bima Sakti: Saya Tak Pernah Minta Posisi Ini

Sabtu, 10 November 2018 13:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Indosport.com
Bima Sakti resmi melatih Timnas Indonesia. Copyright: © Indosport.com
Bima Sakti resmi melatih Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti mengatakan memang cukup terbebani saat memimpin skuat Garuda melawan Singapura, Jumat (09/11/18) di laga perdana Grup B Piala AFF 2018 di National Stadium. Hasilnya, tim asuhannya pun kalah tipis 0-1 dari tim tuan rumah lewat gol Hariss Harun di menit ke-37.

"Ini partai pertama dalam karier saya, memang beban ada, tapi nothing to lose," ucapnya.

"Saya percaya dengan pemain, tetapi mungkin ada masalah dengan emosional yang jadi tanggung jawab saya," lanjutnya menyoal faktor kekalahan dari Singapura.

Akibat dari penampilan Timnas Indonesia yang kurang meyakinkan saat lawan Singapura, kritik pun muncul dari banyak pihak, mulai dari penonton di Stadion Nasional hingga netizen di dunia maya. Menanggapi hal itu, Bima menjelaskan ia sepenuhnya bertanggung jawab, sebab itu merupakan bagian dari pekerjaan yang diberikan kepadanya.

"Saya tidak pernah meminta posisi ini (sebagai pelatih), saya ditunjuk. Jadi, saya akan tanggung jawab," kata pelatih 42 tahun itu.

Sebelumnya, saat ditunjuk menggantikan Luis Milla, Bima Sakti berhasil menjaga performa Timnas Indonesia. Dalam tiga laga uji coba, skuat Garuda cukup menjanjikan, dengan meraih dua kali kemenangan (1-0 atas Mauritius dan 3-0 lawan Myanmar) serta sekali imbang 1-1 lawan Hongkong.

Meski kalah di laga perdana, Timnas Indonesia masih punya peluang besar untuk lolos dari babak penyisihan Grup B. Skuat Garuda menyisahkan tiga laga lainnya melawan Timor Leste, Thailand, dan Filipina, dengan syarat memenangkan semua pertandingan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

1.1K