Bola Internasional

Inilah 5 Laga Derby Terpanas Sepanjang Sejarah

Sabtu, 10 November 2018 12:11 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:
3. The Intercontinental Derby

Meski di Istanbul terdapat beberapa klub yang berlaga di Liga Super Turki, tapi hanya ada satu derby yang sangat menegangkan, yaitu laga antara Fenerbahce vs Galatasaray.

Rivalitas Fenerbahce dan Galatasaray memang sangat menegangkan. Setiap kedua tim ini bertanding, para suporter saling lempar ejekan, berbalas koreografi, serta banyaknya red flare atau smoke bomb di dalam stadion, bahkan naku hantam antara suporter tak terhindarkan.

Nah, secara head to head, Fenerbahce memiliki catatan yang lebih baik dibanding Galatasaray. Fenerbahce berhasil menang sebanyak 103 kali, sedangkan Galatasaray hanya mampu menang 81 kali.

Meski demikian, Galatasaray unggul dalam raihan gelar juara Liga Super Turki, mereka mampu mengoleksi 21 gelar. Sebab, raihan gelar Fenerbahce hanya 19 kali juara.

Galatasaray juga lebih superior dari Fenerbahce dalam lima tahun terakhir. Hal itu terbukti saat keduanya bertemu di final Piala Turki dalam lima musim terakhir, Galatasaray mampu memenangkan semua pertandingannya.

4. The Old Firm Derby

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETCaption

Derby terpanas lainnya tersaji di Liga Skotlandia yang mempertemukan antara Celtic dan Rangers.

Sama-sama berasal dari Glasgow, Derby ini diwarnai dengan tensi agama. Celtic mewakili kelompok Katolik dan sosialisme. Di sisi lain, Ranger mewakili kelompok Protestan dan konservatisme.

Laga pertama yang mempertemukan Celtic dan Ranger ini terjadi pada 28 Mei 1888. Kala itu Celtic mampu mencundangi Ranger dengan skor telak 5-2.

Namun, dilihat dari catatan pertemuannya, Rangers masih unggul dengan meraih kemenangan sebanyak 153 kali, sedangkan Celtic hanya meraih kemenangan 93 kali, dan sisanya 93 kali berakhir imbang.

Kedua klub ini juga merupakan yang tersukses di Skotlandia dengan total trofi koletif lebih dari 150 gelar.