Bola Internasional

Hanya Setengah Luas Jakarta, Kompetisi Negara Kepulauan Ini Kalahkan Indonesia

Minggu, 11 November 2018 12:26 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Simon McMenemy mengangkat trofi juara Liga 1 2017. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Simon McMenemy mengangkat trofi juara Liga 1 2017.

INDOSPORT.COM – Dalam rilis terbaru Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), Sabtu (10/11/18) lalu, kompetisi sepak bola Liga Indonesia berada di urutan ke-27 Asia.

Posisi Indonesia turun turun tiga tingkat dari posisi sebelumnya yang berada di urutan ke-24. Di kawasan Asia Tenggara, kompetisi sepak bola Indonesia berada di peringkat ke-6, hanya lebih baik dari Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

Kompetisi sepak bola terbaik di Asia saat ini dipegang oleh Qatar. Mereka menggeser Uni Emirat Arab yang turun tiga tingkat ke urutan empat. Sementara itu, Thailand masih menguasai kompetisi terbaik di Asia Tenggara atau delapan Asia, diikuti Malaysia (13), Filipina (16), Singapura (20), dan Myanmar (26).

Penurunan prestasi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang menyakut kedisiplinan dalam menjalankan AFC Club Licensing Regulations. Selain permasalahan kompetisi, klub juga harus memperhatikan penerapan lima aspek lisensi klub professional, yaitu badan hukum, infrastruktur, keuangan, pembinaan) dan personalia.

Patut disayangkan negara sebesar Indonesia tidak mampu mengelola kompetisi sepak bola yang begitu besar animonya di kalangan masyarakat. Indonesia bahkan kalah dengan Maladewa yang bahkan hanya seluas kurang dari setengah dari ibu kota DKI Jakarta.

Kompetisi sepak bola Maladewa naik pesat ke urutan 23. Klub Maladewa, New Radiant SC, musim ini menjadi wakil mereka di Piala AFC 2018.

Maladewa juga baru saja menjuarai SAFF Championship 2018 atau Piala AFF-nya Asia Selatan setelah mengalahkan India di final.