Bola Internasional

Hadapi Indonesia di Piala AFF 2018, Bintang Filipina yang Perkuat Klub Liga Inggris Segera Gabung

Senin, 12 November 2018 09:26 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Neil Etheridge. Copyright: © INDOSPORT
Neil Etheridge.

INDOSPORT.COM - Merumput bersama Cardiff City di Liga Inggris alias Premier League, bintang Filipina ini akan bergabung dalam tim. Filipina nantinya bakal menghadapi Timnas Indonesia karena sama-sama tergabung di Grup B Piala AFF 2018.

Menjelang laga kedua di Piala AFF 2018, Timnas Filipina yang baru menjalani pertandingan pertamanya di edisi kali ini melawan Singapura, mendapat angin segar dari dua pemain utamanya, yakni Neil Etheridge dan Daisuke Sato.

Berdasarkan laporan ESPN5, kedua pemain yang tengah merintis karier di Eropa ini, telah berada di bandara untuk bergabung dengan skuat The Azkals yang akan bertindak sebagai tuan rumah saat berhadapan dengan Singapura.

ESPN5 pun mengunggah foto Etheridge dan Daisuke pada akun Twitternya. Tampak jelas, keduanya terlihat tengah menunggu keberangkatannya ke Bacolod, Filipina.

Tentu saja hal ini menjadi angin segar bagi tim asuhan Sven Gorran-Erickson, mengingat kedua pemain tersebut pada awalnya sempat diragukan bisa membela The Azkals di pentas Piala AFF 2018 karena tidak mendapatkan izin dari klubnya.

Bila keduanya harus absen dari ajang dua tahunan ini, sebuah kerugian akan diraih oleh Filipina, mengingat Etheridge dan Sato merupakan pemain yang lebih berpengalaman diantara penggawa The Azkals lainnya. 

Namun, Neil Etheridge yang merupakan penjaga gawang utama dari klub Liga Primer Inggris, Cardiff City, hanya bisa membela Filipina di dua pertandingan Piala AFF 2018 saja, kala berhadapan dengan Singapura dan Timor Leste dan kemungkinan tak akan turun saat Filipina bertemu Timnas Indonesia.

Sejatinya, Etheridge tidak mendapatkan izin dari Cardiff City untuk membela Filipina di Piala AFF 2018, karena kompetisi bergengsi Asia Tenggara ini tidak masuk dalam kalender resmi FIFA. Akan tetapi dengan bertepatannya kedua pertandingan tersebut dengan jeda internasional, penjaga gawan 188 cm ini pun bisa membela The Azkals.

Tentu saja hal tersebut sangat disayangkan banyak pihak, mengingat kiprahnya di tanah Britania Raya memang tidak bisa dianggap remeh. Dari 12 pertandingan yang telah dijalani pemain 28 tahun, ia telah menorehkan rata-rata tiga penyelamatan di setiap pertandingannya.

Sedangkan Daisuke Sato, merupakan pemain belakang andalan Filipina yang telah melalang buana ke berbagai klub-klub Dunia. Berawal dari Jepang, lalu ke Denmark dan yang terakhir Rumania bersama Sepsi Sfantu Gheorghe. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya di INDOSPORT

Penulis: Ridi F Khan