Bola Internasional

Bukan Timnas Indonesia, Thailand Anggap 3 Negara Ini Batu Sandungan Terbesar di Piala AFF 2018

Selasa, 13 November 2018 15:41 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Timnas Thailand. Copyright: © Getty Images
Timnas Thailand.

INDOSPORT.COM - Presiden Asosiasi Sepak Bola Thailand, Somyot Poompanmoung, melihat ada tiga negara yang akan menjadi lawan berat skuatnya di Piala AFF 2018.

Timnas Thailand sendiri berhasil membuka perhelatan Piala AFF 2018 dengan hasil luar biasa ketika mengalahkan Timor Leste 7-0 di Bangkok pekan lalu.

Berstatus juara bertahan dan negara ter sukses di Piala AFF pada kenyatannya tidak membuat Thailand  bisa bersantai-santai tahun ini. Poompanmoung sadar betul bahwa kualitas sepak bola masing-masing negara pasti berkembang seiring berjalannya waktu.

“Kami selalu ingin menang dan kami akan melakukan yang terbaik, tapi kami tahu bahwa standar sepak bola di setiap wilayah pasti meningkat,” kata Poompanmoung kepada laman berita olahraga ESPN.

Dalam kesempatan itu, Somyot Poompanmoung secara khusus menyebut tiga negara yang menurutnya akan menjadi lawan berat bagi Thailand di Piala AFF 2018. Anehnya, di daftar itu Poompanmoung sama sekali tidak menyebut nama Timnas Indonesia.

“Kami bisa melihat Malaysia dan Singapura terus berkembang dan mereka memiliki sejarah tersendiri di wilayah ini. Filipina juga demikian. Mereka bahkan merekrut pelatih terkenal seperti Sven-Goran Eriksson. Tim-tim sepak bola ini memiliki ambisi. Kami bangga menjadi rival mereka,” jelasnya.

Selain tiga negara tersebut, ternyata masih ada satu kandidat yang cukup membuat Poompanmoung resah di turnamen kali ini, yaitu Vietnam. Pasalnya, ia melihat semangat juang yang tinggi dari anak-anak asuh Park Hang-seo tersebut untuk kembali memenangkan trofi setelah satu dasawarsa.

“Mereka juga akan menjadi lawan yang berat. Namun jika kami ingin menang lagi tentunya kami harus berada di level yang terbaik,” ucapnya.

“Kami memang tampil tanpa beberapa pemain. Akan tetapi, kami bisa menang jika mempersiapkan diri dengan baik. Di sepak bola apa pun bisa terjadi. Semua tim punya kans yang sama kali ini dan kompetisi akan berjalan ketat," pungkasnya.

Sekadar informasi, Thailand saat ini memiliki peluang besar untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF 2018. Usai membantai Timor Leste dengan skor 7-0, tim sepak bola berjuluk Gajah Perang itu berada di puncak klasemen Grup B dengan torehan 3 poin.

Ikuti Terus Berita Piala AFF 2018 dan Sepak Bola Indonesia Hanya di INDOSPORT.COM