Liga Indonesia

Masih 'Terjajah', 5 Klub Teratas Liga 1 Dikuasai Pihak Asing

Rabu, 14 November 2018 16:55 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Logo Liga 1. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga 1.

INDOSPORT.COM - Indonesia sudah merdeka dari penjajah pada tanggal 17 Agustus 1945, tapi ternyata di sepak bola, kita sesungguhnya masih belum benar-benar merdeka. Setidaknya di ajang sepak bola paling bergengsi di Indonesia, Liga 1, terdapat fakta kalau Indonesia belum bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Fakta bahwa dalam beberapa tahun terakhir, top skor berisi nama-nama asing menjadi bukti kalau Indonesia belum mampu berjaya di tanah sendiri. Pemuncak dalam daftar top skor pun ditempati oleh David da Silva yang bermain untuk Persebaya Surabaya.

Tak hanya urusan pencetak gol terbanyak, ternyata pelatih yang sukses di Liga 1 juga diisi oleh pihak asing. Ini tentu menjadi tamparan keras bagi pelatih-pelatih lokal yang ada di Indonesia karena tidak mampu bersaing dengan nama-nama pelatih asing di Liga 1.

Bahkan di musim lalu, Liga 1 dimenangkan oleh Bhayangkara FC yang dipimpin oleh Simon McMenemy dari Skotlandia. Tradisi pelatih asing yang menang di Liga 1 tampaknya akan diteruskan di musim ini setelah hingga pekan ke-30, tidak ada satupun pelatih lokal yang bisa berada dalam 5 besar klasemen sementara di liga.

Berikut INDOSPORT.com merangkum dalam 5 tim teratas Liga 1 yang dikuasai pihak asing.