Liga Indonesia

Tony Ho Beberkan Penyebab Gagalnya Persipura Pertahankan Gelar Juara

Rabu, 14 November 2018 12:03 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Yohanes Ishak
© Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura, Tony Ho. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura, Tony Ho.

INDOSPORT.COM - Persipura Jayapura U-19 gagal mempertahankan gelar juara Liga 1 U-19, usai tersingkir di babak 8 besar Grup B.

Skuat Mutiara Hitam muda itu hanya finis diperingkat ketiga klasemen babak 8 besar dengan raihan 4 poin dari hasil sekali menang, sekali imbang dan sekali kalah.

Menanggapi hasil tersebut, pelatih Persipura U-19, Tony Ho pun membeberkan sejumlah faktor yang menjadi penyebab kegagalan timnya melaju ke babak semifinal.

Ho mengungkapkan, di babak 8 besar timnya tidak maksimal dalam penguatan tim, dan justru tereduksi dengan ditariknya salah satu pilarnya, Gunansar Mandowen ke Persipura senior.

Padahal, Gunansar punya peluang untuk menjadi pencetak gol terbanyak di kompetisi tersebut dengan koleksi tujuh gol.

"Lawan-lawan jangan diukur dari waktu  hasil penyisihan, tapi lihat berapa banyak mereka tambah pemain ketika di babak 8 besar, Borneo, Sriwijaya dan Barito menambah pemain, Persipura? malah mengambil kembali pemain kunci Gunansar," ungkapnya saat dihubungi awak media olahraga INDOSPORT, Rabu (14/11/18).

© Istimewa
Skuat Tim Persipura Jayapura U-19 Copyright: IstimewaSkuat Tim Persipura Jayapura U-19

Selain itu, mantan asisten pelatih tim Persipura senior ini juga mengeluhkan koordinasi pemanggilan pemain untuk memperkuat skuatnya sejak dibukanya seleksi pemain, sebelum kompetisi bergulir berapa waktu lalu.

"Kesalahan dari awal dimana kita salah dalam informasi ketika kita buka seleksi pemain, dari pengurus mengatakan dari liga 3 tidak bisa bergabung sehingga semua pemain dari liga 3 kita tolak, walaupun belakangan baru dikatakan bisa tapi pemain-pemain sudah terikat kontrak dengan klub mereka masing-masing," jelasnya.

Meski begitu, Ho mengaku jika anak asuhnya sudah berjuang maksimal dan berusaha untuk lolos ke babak semifinal, namun kenyataan hasil yang diperoleh tidak memuaskan.

"Sangat jelas di babak 8 besar kekuatan dan kebugaran kita menurun, sedangkan beda dengan tim lawan ketika memasuki babak 8 besar. Tapi kita sudah mencoba dengan maksimal dan inilah hasil yang bisa kita peroleh," tandasnya.

Sementara itu, babak semifinal kompetisi Liga 1 U-19 sendiri telah meloloskan empat tim yang diantaranya Persib Bandung dan Persija Jakarta sebagai juara grup dan Runner up Grup A, dan Barito Putera bersama Borneo FC sebagai juara grup dan Runner up Grup B.

Ikuti terus berita Liga Indonesia di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%