Bola Internasional

Ini Dia Aziz Asimov, Wasit Kontroversial Non-Asia Tenggara yang Pimpin Piala AFF 2018

Kamis, 15 November 2018 14:26 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Wasit sebagai hakim lapangan memegang peranan penting dalam pertandingan. 

Di Piala AFF 2018 ini Indonesia wajib berbangga karena beberapa wasitnya dipilih untuk memimpin laga. Wasit asal Indonesia yang memimpin laga Piala AFF 2018 adalah Thoriq Alkatiri dan Oki Dwi Putra. 

Ternyata, selain wasit-wasit terpilih dari Asia Tenggara, ada pula wasit non-kawasan yang ikut terlibat menjadi pengadil lapangan.

Wasit itu adalah Aziz Asimov. Mungkin namanya terdengar asing, namun wasit asal Uzbekistan ini sejatinya bukan nama baru di persepakbolaan Asia Tenggara. 

Lahir 14 Oktober 1981, Aziz Asimov merupakan wasit muda yang cukup berpengalaman memimpin laga-laga level klub dan internasional di Asia. Bahkan, dirinya termasuk sosok kontroversial jika kita membicarakan soal Timnas Indonesia. 

Turnamen yang pernah dipimpin oleh Aziz di antaranya adalah Kualifikasi Piala Asia, Liga Champions Asia, Kualifikasi Piala Dunia, hingga Asian Games dan tentu saja Piala AFF 2018. 

Di Indonesia, sosoknya menjadi pembicaraan saat memimpin laga antara Timnas Indonesia U-23 vs Hong Kong U-23 di Asian Games 2018 lalu. 

Pada babak pertama, Aziz memberikan empat kartu kuning untuk pemain timnas U-23 Indonesia. Sementara, pemain Hong Kong hanya mendapat satu kartu kuning.

Sorotan kepada Aziz semakin besar saat ia berkali-kali mengingatkan para pemain Timnas U-23 Indonesia untuk mengulang tendangan bebas.

Warganet Indonesia pun menyerang instagram pribadi Aziz. Merasa gerah dengan berbagai umpatan, Aziz bahkan pernah sampai menuliskan instastory khusus untuk meresponsnya.

© Internet
Indonesia vs Hongkong Copyright: InternetIndonesia vs Hongkong

Berikut ini adalah statistik Aziz Asimoz berdasarkan 35 pertandingan internasional (Data dari situs world referee).

Penalti: 14 (12 untuk tim tuan rumah, 2 tim tamu)
Kartu Merah: 6 (2  untuk tim tuan rumah, 4 tim tamu)
Kartu kuning: 105 (47 untuk tim tuan rumah, 58 tim tamu) 

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Piala AFF 2018 Hanya di INDOSPORT.COM.