Bola Internasional

Boaz Solossa, Mengenang Duet Maut Timnas Indonesia di Piala Tiger 2004

Kamis, 15 November 2018 16:01 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Sosok Boaz Solossa menjadi ujung tombak Timnas sepak bola Indonesia di ajang Piala AFF edisi beberapa tahun lalu. Duet Boaz dan Ilham Jayakusuma di turnamen sepak bola Asia Tenggara Piala Tiger 2004 (Piala AFF saat ini) pun menjadi kenangan hingga kini.

Boaz Solossa merupakan talenta emas sepak bola Indonesia. Mutiara asal Papua ini telah hampir 14 tahun mewarnai perjuangan Timnas Indonesia di kancah turnamen ASEAN bahkan Benua Asia.

Lahir dari keluarga berdarah sepak bola, Boaz Solossa seolah diberkati dengan bakat alami. Ia memulai karier sepak bolanya pada usia 13 tahun bersama PS Putra Yohan pada tahun 1999.

Sempat berkarier bersama Perseru Serui, putra bungsu Christopher Solossa ini langsung dipanggil memperkuat Tim PON Papua pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-16 tahun 2004.

Boaz Solossa langsung menggila dengan mencetak 10 gol di ajang multicabang olahraga tersebut. Raihan top skor PON ke-16 membuatnya dilirik pelatih Timnas Indonesia saat itu, Peter Withe.

Dari sanalah, cerita mengenai legenda Boaz Solossa dimulai. Lembaran-lembaran kisahnya begitu membuat pencinta sepak bola Indonesia terkagum-kagum dengan sosoknya.

Banyak yang mengira Boaz Solossa mengawali kariernya bersama Timnas Indonesia di Piala Tiger (sebelum berganti menjadi Piala AFF) 2004.

Akan tetapi, fakta tersebut ternyata salah. Boaz Solossa sebelumnya telah membela Timnas Indonesia di ajang kualifikasi Piala Dunia 2006 zona Asia melawan Arab Saudi pada 13 Oktober 2004.