Bola Internasional

(FOTO) Head to Head: Rajamangala Stadium vs GBK, Mana yang Unggul?

Sabtu, 17 November 2018 11:40 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Stadion Rajamangala vs Stadion Gelora Bung Karno Copyright: © INDOSPORT
Stadion Rajamangala vs Stadion Gelora Bung Karno

INDOSPORT.COM - Jadwal pertandingan Piala AFF 2018 ketiga Grup B akan menyajikan laga antara Thailand vs Indonesia di Stadion Rajamangala, Bangkok pada hari Sabtu (17/11/18) malam nanti.

Laga tersebut patut dinanti, sebab akan jadi ujian berat bagi skuat Garuda, lantaran sejauh ini Indonesia belum pernah menang di markas The War Elephants.

Namun, sebelum kick off pertandingan nanti, kali ini INDOSPORT mencoba untuk membahas seperti apa kondisi Rajamangala Stadium, mengingat stadion sepak bola ini merupakan satu dari 16 venue terbaik di kawasan Asia (berdasarkan riset konfederasi sepak bola Asia, AFC).

Rajamangala Stadium berada di kawasan yang dikelilingi oleh permukiman, dan berada di tengah kota layaknya markas Timnas Indonesia, Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Suasana di sekitar kawasan Rajamangala Stadium pun hiruk pikuk dengan kegiatan masyarakat, mulai dari pertokoan, tempat makan, hotel hingga ada kampus yang berhadapan langsung dengan venue itu.

Jika diperhatikan dari luar, Rajamangala Stadium ini layaknya venue lama atau terlihat seperti bangunan lama nan kokoh dengan tiang-tiang yang megah menopang tribun (jika dilihat saat berjalan dari sisi dalam pelataran) layaknya bangunan romawi yang klasik.

Hal ini sangat  berbeda dengan Stadion GBK yang mengusung konsep modern.

© Petrus Manus DaYerimon/Indosport.com
Stadion Rajamangala Copyright: Petrus Manus DaYerimon/Indosport.comStadion Rajamangala

Stadion Rajamangala juga hanya sebagian menggunakan penutup tribun dimana sisi lainnya tidak ada sama sekali atap untuk melindungi penonton saat hujan turun. Hal ini berbeda dengan Stadion GBK yang seluruh tribunnya ditutupi atap.

Masih soal tribun, Rajamangala Stadium dan Stadion GBK punya kesamaan yakni sudah menggunakan single seat.

Namun yang membedakannya adalah di Rajamangala ada tiga tingkat tribun yang terlihat curam, sedangkan GBK hanya punya dua tingkat tribun penonton.

© Media & PR Inasgoc
Kondisi tribun GBK yang direnovasi Copyright: Media & PR InasgocKondisi tribun GBK yang direnovasi

Sementara itu, menyoal kualitas rumput, untuk saat ini sepertinya Rajamangala Stadium sedikit lebih unggul.

Pasalnya, saat INDOSPORT mengecek langsung ketika official training kedua negara, Jumat (16/11/18) tidak terlihat ada sisi lapangan yang botak atau rumput sangat hijau dan rapat.

Hal ini berbeda dengan milik Stadin GBK yang dikeluhkan oleh tim Timor Leste lantaran rumputnya tidak tumbuh dengan baik, sehingga memperlihatkan beberapa sisi yang terlihat kurang rapih.

© Instagram.com/Love_GBK
Seorang pekerja sedang melakukan proses brush treatment terhadap rumput GBK. Copyright: Instagram.com/Love_GBKSeorang pekerja sedang melakukan proses brush treatment terhadap rumput GBK.

Di sisi lain, Rajamangala Stadium dan Stadion GBK punya kesamaan lainnya yakni kerap digunakan untuk aktifitas olahraga masyarakat.

Hanya saja, di Thailand tidak terlihat banyak orang yang berolahraga di stadion yang berada di kawasan Hua Mak Sport Complex, dibanding di GBK yang dikunjungi ratusan orang tiap sore hari.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sejumlah anak sedang menggunakan fasilitas olahraga yang berada di lingkungan GBK. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSejumlah anak sedang menggunakan fasilitas olahraga yang berada di lingkungan GBK.

Menyoal kapasitas stadion, GBK saat ini masih unggul karena mampu menampung hingga 70 ribu lebih penonton, dibanding Rajamangala yang dari data terakhir menyebutkan memuat 50 ribu orang.

Kendati mengusung konsep klasik dan modern, saat ini Rajamangala Stadium dan GBK menjadi venue olahraga terbaik di Asia, dan hal itu terlihat dari sistem perawatan hingga suasana di sekitar stadion yang bersih.

Menariknya, Rajamangala Stadium dan Stadion GBK, sepertinya punya kesamaan soal akses ke venue dimana penonton bisa saja terjebak kemacetan, lantaran berada di tengah kota dan sangat padat kendaraan ketika jam-jam sibuk.

Ikuti terus berita Piala AFF 2018 di INDOSPORT.COM

556