Bola Internasional

Media Vietnam Soroti Hashtag Boikot Bima Sakti sebagai Pelatih Timnas Indonesia

Minggu, 18 November 2018 11:21 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti, saat konfrensi pers jelang pertandingan antara Indonesia vs Timor Leste. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti, saat konfrensi pers jelang pertandingan antara Indonesia vs Timor Leste.

INDOSPORT.COM Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan tuan rumah, Thailand, dengan skor 4-2 dalam ajang Piala AFF 2018 yang diselenggarakan di Stadion Rajamangala, Thailand, pada Sabtu (17/11/18). Kekalahan tersebut memunculkan hashtag memboikot Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti.

Ternyata kekalahan ini membuat beberapa pendukung timnas kecewa dan meluapkan amarah mereka dengan menyerukan sebuah protes bernada boikot di sosial media dengan hashtag #BimaOut dan #EdyOut.

Protes ini dilayangkan kepada dua tokoh paling berpengaruh dalam sepak bola Indonesia, Bima Sakti (pelatih tim nasional Indonesia) dan Edy Rahmayadi (Ketua Umum PSSI) karena gagal membawa timnas berprestasi di kancah Asia Tenggara.

Protes melalui media sosial ini mendapat perhatian dari media Vietnam, Bongda. Bongda menyoroti bagaimana kritik pendukung timnas mengnai kinierja Edy rahmayadi yang kini merangkap jabatan sebagai Gubernur Sumatera Utara dan memboikot Bima Sakti sebagai Pelatih Timnas Indonesia yang dianggap salah dalam menentukan pemain.

© affsusuzkicup.com
Para pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu setelah dibobol Thailand. Copyright: affsusuzkicup.comPara pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu setelah dibobol Thailand.

Di awal Piala AFF 2018, Timnas Indonesia telah membuat pendukungnya kecewa setelah tumbang di tangan Singapura. Banyak pihak mengkritik mengenai performa buruk timnas Indonesia di tangan Bima Sakti.

Jika dibandingkan saat bersama Luis Milla, timnas Indonesia memiliki performa yang cukup gemilang. Terbukti dari beberapa prestasi yang berhasil ditempuh di berbagai ajang seperti Asian Games 2018 lalu.

Selain melayangkan kritik kepada Bima Sakti, pendukung timnas Indonesia juga melayangkan kritik keras kepada Edy Rahmayadi selaku Ketua Umum PSSi yang kini merangkap jabatan. Edy dianggap tidak kompeten untuk meduduki jabatan Ketua Umum PSSI.

Saat Ini Indonesia harus puas diposisi keempat klasemen grup B AFF 2018 dengan tiga poin setelah menelan dua kekalahan dan hanya sekali merasakan kemenangan. Dengan hasil ini peluang Indonesia untuk lolos ke babak selanjutnya sangat kecil. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas Indonesia di Piala AFF Lainnya di INDOSPORT

Penulis: Daniel Ramos Putra.