Liga Indonesia

Pelatih Brasil Sebut Jadwal Liga 1 2018 Penyebab Buruknya Performa Timnas Indonesia

Rabu, 21 November 2018 14:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© affsusuzkicup.com
Para pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu setelah dibobol Thailand. Copyright: © affsusuzkicup.com
Para pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu setelah dibobol Thailand.

INDOSPORT.COM - Pelatih sepak bola asal Brasil, Stefano Cugurra Teco yang kini menangani Persija Jakarta mengkritisi jadwal pertandingan Liga 1 (kasta tertinggi bola Indonesia) 2018 yang dinilai belum tersusun baik.

Menurutnya, jadwal kompetisi terkadang berbenturan dengan agenda Timnas Indonesia, sehingga kerap merugikan klub yang pemainnya dipanggil membela negara.

"Ada sedikit masalah karena jadwal dari Liga kadang tabrakan dengan jadwal Timnas Indonesia. Jadi klub kadang dirugikan waktu tidak punya pemain berkualitas apalagi seperti sekarang ini," tutur Teco pada awak media berita sport yang datang meliput.

Teco menyatakan, seharusnya federasi sepak bola Indonesia, PSSI dan pengelola kompetisi menyusun secara baik kalender liga. Karena hal itu secara tidak langsung memberikan efek yang besar pada penampilan Timnas Indonesia saat berkompetisi di ajang internasional.

Teco mengambil contoh, Liga Malaysia dan Thailand yang telah usai sehingga pemainnya hanya fokus membela negara di ajang Piala AFF 2018.

Hal ini berbeda dengan Indonesia yang liganya belum usai, sehingga para pemain seakan terus bermain dan tidak punya waktu istirahat yang cukup, yang tentu berpengaruh pada kualitas permainan.

"Liga ke depan harus pikirkan kalender FIFA agar tidak tabrakan. Saat Timnas main harusnya klub tidak boleh main," ucapnya.

"Saya sudah melatih di Malaysia dan Thailand, mereka sudah selesai liganya, hanya negara Indonesia yang belum. Jadi, disana pemain Timnasnya bisa fokus dan semangat penuh buat timnas".

"Tapi tahun ini liga mulai terlambat, mungkin ini yang ada masalah disini," pungkas Teco.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia sendiri tengah dalam masa kritis di Piala AFF 2018. Harapan melangkah ke babak semifinal sangat kecil, lantaran skuat Garuda berada di peringkat empat dengan torehan tiga poin.

Terus Ikuti Update Piala AFF 2018 dan Sepak Bola Indonesia di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%