Bola Internasional

Piala AFF 2018 Jadi Edisi Terburuk Timnas Indonesia Sepanjang Sejarah?

Kamis, 22 November 2018 13:36 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© www.affsuzukicup.com
Bima Sakti tampak lesu usai Timnas ditaklukan Thailand dengan skor 4-2 Copyright: © www.affsuzukicup.com
Bima Sakti tampak lesu usai Timnas ditaklukan Thailand dengan skor 4-2

INDOSPORT.COM - Perjuangan Timnas sepak bola Indonesia untuk lolos ke babak selanjutnya di ajang sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara, Piala AFF 2018 harus terkubur dalam-dalam.

Bahkan pada edisi 2018 kali ini, bisa jadi yang terburuk sepanjang sejarah Timnas Indonesia di Piala AFF.

Sepanjang 12 edisi Piala AFF, tercatat Timnas Indonesia sudah gagal empat kali untuk lolos dari babak ke grup. Tradisi kegagalan Timnas Indonesia sudah dimulai sejak edisi 2007 yang berlanjut di 2012, 2014 dan yang terbaru pada 2018.

Pada tahun 2007, Timnas Indonesia yang diperkuat oleh sejumlah pemain terbaiknya malah tampil anti klimaks pada tiga pertandingan tersebut.

Kunci kegagalan pada saat itu adalah tidak mampu menang telak atas Laos yang membuat Timnas Indonesia kalah selisih gol dengan Singapura dan Vietnam.

Tradisi bobroknya prestasi Timnas Indonesia berlanjut pada tahun 2012, kala itu bahkan tim tidak bisa diperkuat oleh pemain terbaiknya karena adanya dualisme kompetisi.

Timnas Indonesia yang diperkuat seorang ‘bule obesitas’ harus tersingkir di fase grup setelah ditahan Laos dan kalah dari Malaysia.

Dua tahun berselang, Timnas Indonesia yang diperkuat oleh pemain terbaiknya malah kembali alami kegagalan lolos dari fase grup. Kepastian Timnas Indonesia gagal lolos ketika dibantai oleh Filipina dengan skor yang sangat telak, 0-4.

Tak disangka di tahun 2018, pecinta sepak bola tanah air harus kembali berduka karena kembali harus tersingkir dari Piala AFF. Bahkan tahun ini, bisa jadi yang terburuk sepanjang sejarah Timnas Indonesia di Piala AFF, mengapa begitu?

199